BPTP Balitbangtan Sultra dan IWAPI Kerjasama Wujudkan Ketahanan Pangan – Berita Kota Kendari
Beranda

BPTP Balitbangtan Sultra dan IWAPI Kerjasama Wujudkan Ketahanan Pangan

KENDARI, BKK – Balai Penelitian Tamanam Pangan (BPTP) Balitbangtan Sultra terus mendukung program Kementerian Pertanian pada gerakan tanam (Gertam) cabai. Hal ini untuk mengatasi gejolak harga cabai yang sewaktu-waktu mengalami lonjakan.

Untuk mendukung program tersebut, kali ini BPTP Balitbang Sultra, melakukan kerja sama dengan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Sultra melalui penandatanganan naskah kerja sama gertam cabai  di Sultra.

Ketua IWAPI Sultra, Hj Hasmawati mengungkapkan, pihaknya tertarik untuk ikut berperan dalam gertam cabai tersebut, sebab cabai adalah salah satu kebutuhan pangan yang sangat dibutuhkan. Ini juga menurutnya, sebagai salah satu bentuk kecintaan terhadap tanaman.

Dikatakan, Hasmawati, bila terus dikembangkan, bibit cabai bisa mensejahterakan masyarakat.

Makanya, bibit cabai yang diterima dari BPTP Balitbang Sultra nantinya bukan hanya dibagikan kepada pengurus IWAPI, tapi juga akan diberikan kepada  tetangga di lingkungan masing-msing, bahkan ke kelompok tani binaan IWAPI.

“Cabai memang bukan bahan pangan pokok, tetapi merupakan bahan utama penggugah selera dan cita rasa. Harapannya, bila tanam sekarang maka lebaran nanti tidak usah membeli cabai, tetapi kalau bisa menjual,” ujar Hasmawati di sela-sela kegiatan penandatangan naskah kerja sama tersebut di salah satu hotel di Kota Kendari.

Di tempat yang terpisah, kepala BPTP Balitbangtan Sultra, Ir Muh Asaad MSc  menyampaikan terimakasih kepada IWAPI yang telah ikut mendukung program untuk ketahanan pangan tersebut.

Terlebih katanya, pengurus IWAPI yang merupakan kalangan Ibu-ibu, sangat penting peranannya dalam urusan ketahanan pangan, salah satunya yang bisa dilakukan yakni memenuhi kebutuhan pangan dari produksi skala rumahan sendiri.

Perjanjian kerja sama ditandatangani oleh Kepala  BPTP Balitbantang Sultra,  Ir Muh Asaad MSc dengan Ketua Umum DPD IWAPI Sultra Hj Hasmawati SE, Sabtu (15/4), di salah satu hotel di Kendari.

2017 di hotel Plaza Inn Kendari diselah-selah Rakerda Ke-1 IWAPI Sultra, disaksikan oleh para pengurus DPD dan DPC IWAPI kabupaten/kota se Sultra, Ketua Ikaboga dan Darakusuma Prov. Sultra, SKPD Prov. Sultra serta BPTP Balitbangtan Sultra.

Sementara itu, program kerja sama tersebut ditandai dengan penyerahan secara simbolis bantuan 20 ribu bibit cabai dan ayam KUB  dari BPTP Balitbangtan Sultra kepada Ketua IWAPI Sultra. (nur)

To Top