Lingkar Sultra

Kapolres Segel Penambangan Batu Gunung

HUMAS POLRES KONSEL
SEDANG DISELIDIKI. Kapolres Konsel, AKBP Yeyen Lesmana bersama anggotanya saat mendatangi lokasi penambangan batu gunung, di Desa Mata Wawatu, Moramo Utara, akhir pekan lalu.

ANDOOLO, BKK- Kepolisian Resor Konawe Selatan memutuskan untuk menyegel kawasan penambangan batu gunung di Desa Mata Wawatu, Kecamatan Moramo Utara. Polres kini menyelidiki sejumlah dugaan pelanggaran yang terjadi di kawasan penambangan tersebut.

Kasubag Humas Polres Konsel, AKP Yusuf Tawang membenarkan bahwa Polres Konawe sudah meminta agar kegiatan penambangan dihentikan sementara sembari menunggu hasil penyelidikan kepolisian.

“Setelah mendapatkan laporan dari masyarakat, pada tanggal 13 April sekitar pukul 14.00, kami mendatangi tempat tersebut dan melakukan penyegelan. Saat itu kita temukan ada tujuh ekskavator yang sedang beraktivitas. Kapolres meminta agar kegiatannya dihentikan sementara,” jelasnya

Penyegelan itu pun dilakukan langsung Kapolres Konsel, AKBP Yeyen Lesmana. Kapolres meminta agar dilakukan penyelidikan guna menindaklanjuti aduan warga.

Adapun aduan warga terkait Izin Usaha Pertambangan yang diduga tidak dimiliki oleh perusahaan tambang batu gunung itu. Saat penyegelan berlangsung, polisi meminta agar IUP itu ditunjukkan.

“Tapi mereka tidak bisa memperlihatkannya,” katanya.

Dari penyelidikan sementara, wilayah penambangan batu gunung tersebut masuk dalam IUP PT Citra Kusuma Sultra. Namun yang melakukan aktivitas penambangan batu, bukanlah PT CKS, melainkan perusahaan lain.

“Inilah yang kita sedang dalami sekarang. Diduga ada oknum yang bermain,” tambahnya.

Di samping masalah itu, masyarakat setempat juga mengadukan tidak jelasnya batas lahan masyarakat dengan lahan yang masuk dalam konsesi IUP perusahaan. Belum lagi dengan standar keselamatan pekerja yang diduga tidak diterapkan oleh perusahaan yang bersangkutan.

“Kalau kita lihat, penambangan ini dilakukan seadanya. Seperti tidak dilengkapi alat yang savety. Padahal sangat berisiko terhadap nyawa pekerjanya,” katanya.

Berdasarkan temuan tersebut, Kapolres Konsel pun meminta aktivitas penambangan batu gunung dihentikan sementara. Rencananya pada Senin hari ini, Polres akan memanggil beberapa pihak terkait untuk dimintai penjelasan.

“Jadi kita akan melakukan pertemuan dengan mengundang semua stakeholder yang terlibat di dalamnya. Seperti PT Citra Kusuma Sultra, pihak perusahaan yang terlapor, pelapor, pihak Pemda Konsel serta dari pihak BPN, semua kita akan undang agar masalahnya klir,” terangnya. (cr13/aha)

To Top