Headline

Golkar Prioritaskan Kader

KENDARI, BKK – Partai Golkar Sultra akan memprioritaskan kadernya untuk didorong sebagai calon kepala daerah dalam pertarungan pilkada serentak 2018 mendatang.

Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (PP) DPD Partai Golkar Sultra, LM Rusdianto Emba menyatakan, dalam menghadapi pilkada tidak semata-mata meraih kemenangan tetapi juga harus tetap menjaga soliditas pertai.

“Belajar dari beberapa pilkada yang telah lewat, jika mendukung non kader, dan ternyata terpilih, justru tidak menguntungkan bagi partai. Dia hanya menggunakan Golkar sebagai kendaraan, tetapi kemudian tidak memberikan manfaat setelah terpilih,” kata Anto panggilan dari LM Rusdianto kepada jurnalis BKK di Kendari, Sabtu (15/4).

Rusdianto menjelaskan, Partai Golkar sebagai salah satu partai besar merasa tidak kekurangan kader untuk melahirkan calon kepala daerah. Mengenai bagaimana meraih kemenangan, katanya, tergantung bagaimana meramu strategi dalam meraih simpati masyarakat.

Menurut dia, keinginan untuk memprioritaskan kader dalam pilkada 2018 sudah dibahas dalam rapat DPD provinsi dengan ketua ketua DPD kabupaten/kota se-Sultra baik yang berlangsung di Kendari pada awal April lalu mapun yang berlangsung di Baubau, 8 April lalu.

“Jadi untuk mendorong kader pada pilkada 2018, sudah menjadi kesepakatan bersama dalam rapat. Kesepakatan ini berlaku baik untuk gubernur maupun pilkada kabupaten/kota,” ujarnya.

Menurut Anto, dalam menghadapi pilkada 2018, Golkar sudah melist sejumlah kadernya untuk maju di daerah masing-masing. Misalnya, untuk pilwali Kota Baubau, ada Ketua Golkar  Kota Baubau H Zahari SE, Kabupaten Konawe ada Adi Jaya Surunuddin, dan Kolaka ada calon incumbent Ahmad Safei.

Bagaimana dengan calon gubernur? Menurut Anto hingga saat ini masih memprioritaskan kader yakni Ketua DPD Partai Golkar Sultra Ridwan Bae.

“DPD II telah menyatakan dukungannya kepada Pak Ridwan, walaupun ada juga nama lain yang diusulkan. Tapi semua akan diserahkan kepada Pak Ridwan keputusannya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD II Partai Golkar Kota Baubau, H Zahari SE yang biasa di sapa H Bobi menyatakan diri siap bertarung di Pilwali Kota Baubau 2018.

“Saya sudah siap dan optimis untuk calon Pilwali 2018 nanti dan saya targetkan itu 01. Sebenarnya dari awal memang para pengurus partai sudah mengusulkan, bahwa harus ada satu calon dari Partai Golkar untuk calon di Pilwali 2018,” kata Zahari.

Dia mengatakan,  sudah sejak lama para kader Partai Golongan Karya (Golkar) Kota Baubau menginginkan ada seorang kader partai yang harus ikut dalam pertarungan Pilwali Baubau di 2018.

Salah satu bentuk keseriusan Zahari untuk bertarung dalam Pilwali Baubau 2018, pihaknya akan merapatkan barisan dengan melakukan konsolidasi seluruh kader Partai Golkar Kota Baubau, dari tingkat ranting, kelurahan, kecamatan hingga kepengurus DPD II. Pasalnya dalam pertarungan Pilwali yang menjadi motor atau penggerak mesinn partai ada di kalangan ranting sampai kepenguerusajn tingkat kota.

“Dalam waktu dekat kita akan konsolidasi seluruh kader dalam rapat kerja (Raker) untuk menentukan strategi menuju pilwali Kota Baubau 2018,” ungkapnya. (p12)

To Top