Bangun Kualitas SDM Dimulai dari Membaca Buku – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Bangun Kualitas SDM Dimulai dari Membaca Buku

KENDARI, BKK –  Banyak membaca buku, merupakan salah satu upaya untuk membangun kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Kebiasaan membaca buku akan memberikan banyak pengetahuan yang dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini pun ditegaskan Menteri Sosial (Mensos) RI, Khofifah Indar Parawansa  saat memberikan kuliah umum di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari di sela-sela kunjungan kerjanya, Jumat (14/4). Menurutnya,  untuk menentukan kualitas suatu bangsa dapat dinilai dari kualitas manusianya apakah suka membaca atau tidak.

“Saya sudah keliling di perguruan tinggi di dunia, dan yang saya kunjungi  pertama adalah perpustakaannya karena membaca merupakan sebagai tuntutan kita di dalam berdaya saing untuk penggerak pembangunan untuk memajukan bangsa,” ujah Khofifah.

Dikatakannya, semua pihak baik dari kalangan akademisi, intelektual, maupun politisi, dalam mengawali kebijakan-kebijakan tentu harus didasari pengetahuan yang memadai. Dalam hal ini, seseorang dituntut memiliki kualitas dan komunikasi yang baik  sehingga melahirkan kebijakan yang benar dan manfaatnya dirasakan oleh masyarakat.

“Saya mengajak kita semua agar harus membangun komunikasi dengan baik, termasuk di dalamnya terhadap partai-partai politik sehingga permasalahan-permaslahan yang dihadapi dapat diselesaikan dengan sangat baik,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Khofifah juga berpesan untuk tidak henti-hentinya melakukan amal baik. Selalu menunaikan kewajiban, contohnya menunaikan zakat untuk dapat membangun dan mengembangkan bangsa.

“Empat pilar untuk kemajuan bangsa yaitu pendidikan yang memberdayakan untuk siap berkompetisi, pendidikan harus melahirkan produktivitas, pendidikan meninggikan etos kerja, pendidikan menimbulkan daya saing,” pungkasnya.

Sementara itu, Rektor IAIN Kendari, Nur Alim mengatakan, kehadiran seorang Mensos untuk memberikan kuliah umum di kampusnya tersebut merupakan kebanggaan tersendiri sebab hal seperti ini jarang bisa terjadi. Terlebih, dalam kunjungannya ke Kota Kendari itu, Khofifah harus menghadiri sejumlah agenda namun tetap menyempatkan diri untuk memberikan kuliah umum  tersebut.

“IAIN Kendari sangat senang atas kedatangan Mensos RI untuk silaturahmi dan membawakan kuliah umum. Apa lagi, ini bertepatan dengan ulang tahun IAIN Kendari yang ke-50, sehingga menjadi inspirasi tersendiri bagi kami,” pungkas Nur Alim. (p12/nur)

To Top