Ade Aqasya, Bercita-cita Sekolah di Mesir Berusaha Menghafal Alquran – Berita Kota Kendari
Headline

Ade Aqasya, Bercita-cita Sekolah di Mesir Berusaha Menghafal Alquran

Aqasya (tengah) didampingi ayahnya, Muliadi dan ibunya, Ratna Sita. (foto Rudy/BKK)

Sungguh mulia cita-cita yang dimiliki Ade Aqasya Muliadi wanita kelahiran 9 tahun lalu ini siap menghafal kitab suci Al-Quran demi meraih cita-citanya untuk bersekolah di Kairo Mesir.

Laporan: Rudinan, Kendari

Tidak seperti anak-anak pada umumnya, Ade Aqasya Muliadi wanita kelahiran tahun 04 April 2008 lalu selalu menghabiskan waktunya hanya untuk belajar agama.

Bukan hanya itu, anak kedua dari pasangan Muliadi dan Ratna Sita ini terus intens untuk memperkuat ilmu agamanya serta terus belajar menghafal Alquran dan bahasa arab hanya untuk bisa bersekeloh di Kairo Mesir.

Sore itu, Sabtu (14/4) suasana begitu tenang. Saat jurnalis melintasi di Jalan Manggarai I, Kelurahan Lalolara, Kecamatan Kambu, Kota Kendari terdengar suara anak kecil yang sedang melantunkan ayat-ayat suci Allah dengan begitu merdu. Terlihat seorang wanita kecil yang didampingi oleh ayahnya sedang belajar mengaji.

Dia adalah Ade Aqasya Muliadi yang akrab disapa Aqasya wanita kelas empat sekolah dasar (SD) Integra Hidayatullah Kendari. Saat disambangi, dengan rasa malu Aqasya memperkenalkan dirinya.

“Nama saya Ade Aqasya Muliadi biasa dipanggil Aqasya,” ujarnya.

Ia menambahkan, terus belajar agama dan belajar bahasa arab agar pada saat besar nanti dirinya bisa melanjutkan pendidikan di Kairo Mesir. Baik itu, sambungnya, pada saat Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun pada saat kuliah nantinya.

“Seandainya bisa, saat SMA saya akan langsung masuk sekolah di Kairo Mesir. Namun, jika belum bisa untuk bersekolah SMA di Mesir, maka nanti pada saat saya kuliah saja baru saya melanjutkan studi di sana (Kairo, Mesir),” harapnya.

Pada saat kuliah nantinya, lanjutnya, dirinya belum terpikirkan untuk mengambil jurusan apa. Hanya saja, kata dia, yang pasti untuk mengenai jurusan saat melanjutkan studi di Kairo nantinya dirinya akan lebih konsentrasi untuyk belajar ilmu agama.

“Kalau soal jurusan baik itu pada saat SMA maupun di Universitas nantinya saya belum terpikirkan karena saat ini saya masih konsen untuk terus belajar dan menghafal Alquran serta belajar bahasa Arab biar pada saat disana nanti saya bisa berbaur dengan warga disana,” jelasnya.

Lanjutnya, pembelajaran baik itu menghafal Alquran maupun surah-surah pendek itu selalu dilakukan baik saat sendang berada di sekolah yang saat ini dirinya sedang menimba ilmu yakni di SD Integra Hidayatullah Kendari maupun berada di rumah. Hari-harinya, kata dia, itu dihabiskan hanya untuk terus belajar ilmu agama.

“Di sekolah kami selalu belajar menghafal ayat-ayat Alquran. Kadang hari-hari juga baik itu bersama guru dan teman-teman kalau saat berada di sekolah kami berbicara dengan menggunakan bahasa arab. Bahkan, dua kali seminggu ada mata pelajaran menghafal surah-surah pendek yang biasa disebut mata pelajaran Muro Jaah,” sambungnya.

Sementara itu, Muliadi yang juga merupakan ayah dari Aqasya mengungkapkan sangat bangga dengan cita-cita yang dimiliki anaknya. Denagn cita-cita seperti itu dirinya terus mengajarkan anaknya untuk menghafal ayat-ayat suci Allah.

Disekolahpun, kata dia, Aqasya selalu mendapatkan peringkat 3 besar. Meski, kata dia, anaknya baru berusia empat tahun sudah mulai bersekolah di bangku sekolah dasar.

“Sudah mulai bersekolah sejak umur empat tahun. Sebenarnya kami mau dia untuk tidak dinaikkan kelas, tetapi hanya karena guru pengajarnya melihat prestasi yang dimiliki dengan terus mendapat juara 3 besar sehingga dia terus dinaikan kelas,” bangganya.

Diungkapkan, sejak dulu anak keduanya itu telah bercita-cita untuk melanjutkan sekolah di Mesir. Sehingga dengan adanya cita-cita seperti itu, ia mengharapkan, semua itu bisa terkabulkan dengan mendapatkan beasiswa dari pemerintah daerah.

“Semoga saja nanti saat dia (Aqasya) bersekolah bisa mendapatkan beasiswa,” pungkasnya. (m2)

To Top