Beranda

Pelunasan BPIH Kota Kendari Dibuka

Ilustrasi

Kendari, BKK- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kedari membuka pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2017.

Pelunasan tahap pertama mulai dibuka sejak Senin (10/4) dan ditutup pada 5 Mei nanti.

Untuk tahap kedua, akan dibuka pada Senin (22/5) dan ditutup pada 2 Juni, diperuntukan bagi jemaah yang gagal sistem di pelunasan tahap I, jemaah yang sudah status haji, penggabungan keluarga (yang terkaver pada pengusulan pengabungan keluarga), dan lansia serta pendamping lansia (yang terkaver pada pengusulan jamaah lansia dan pendamping lansia).

Pada rapat pembahasan BPIH, Selasa (11/4), yang dihadiri oleh semua perwakilan Bank Penerima Setoran Haji (BPS) maupun kelompok jemaah haji, Kepala Kemenag Kota Kendari Samsuri meyampaikan harapannya kepada BPS dapat menyurati calon jemah haji yang telah masuk kuota, untuk segera melunasi BPIH yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Selain itu, lanjut samsuri, agar BPS dapat melakukan verifikasi bukti setoran awal calon haji, dengan mengunakan loket khusus, agar mempermudah jemaah calon haji yang akan melakukan pelunasan BPIH.

Samsuri melanjutkan, untuk mengurangi kesalapahaman dengan calon jemaah haji agar kiranya BPS dapat mengedepankan informasi kepada para jemaah.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kota Kendari Sunardin mengungkapkan, masih terdapat lebih kurang 100 jamaah calon haji yang telah masuk nomor porsinya, namun masih belum melaporkan dirinya.

Sunardin berharap agar BPS dapat menghubungi CJH yang bersangkutan.

Masih kata dia, BPS agar dapat juga menempelkan Kepres Nomor 8 Tahun 2017 pada loket pelunasan BPIH, karena informasi yang beredar di media massa tentang BPIH adalah biaya rata-rata dari 12 embarkasi di Indonesia.

Sunardin menyebutkan, BPIH 2017 untuk embarkasi Makassar sebesar Rp 38.972.250.

Dijelaskan, nama CJH yang telah diumumkan dapat melakukan pelunasan pada bank di mana jemaah membuka rekening tabungan haji. (rls/iis)

To Top