Warga Tangkap 1 Ekor Buaya Kali Wanggu – Berita Kota Kendari
Beranda

Warga Tangkap 1 Ekor Buaya Kali Wanggu

Ilustrasi

Kendari, BKK- Satu dari 4 ekor buaya di Kali Wanggu Kendari berhasil ditangkap warga. Buaya yang ditangkap sepanjang 4,5 meter dengan lingkar perut 80 sentimeter diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Adalah penduduk Kelurahan Lalolara Kecamatan Kambu Kota Kendari, Nuzul (20) yang penuh keberanian menangkap buaya berusia 15 tahun itu dari Kali Wanggu, Jalan Perintis, Minggu (19/3).

”Kami akan melepasnya nanti,” kata Prihanto, juru bicara BKSDA Sultra, Senin (20/3). Rencananya, buaya akan dilepas di rawa yang jauh dari permukiman warga.

Menurut penduduk, buaya betina itu muncul setiap hari. Nuzul bersama tujuh kawannya memasang perangkap sejak Minggu (19/3).

Nuzul dan orang-orang di sekitar mengaku biasa memberi makan buaya tersebut. Terlebih dahulu mereka memanggil buaya dengan cara menepuk-nepuk permukaan air menggunakan kayu, sampai buaya naik ke permukaan.

“Baru kemudian kami lemparkan makanannya,” kata Nuzul, di kantor BKSDA.

Hari Minggu lalu, Nuzul cs merencanakan menangkap buaya itu dengan perangkap.

Perangkap terbuat dari tali jemuran yang dipasang di permukaan kali.

Nuzul dan teman-temannya lalu memanggil buaya seperti biasa.

“Kami tangkap karena kami takut memakan korban,” ujar Nuzul. Anak-anak memang senang bermain di Kali Wanggu.

Meski telah tiap hari muncul, buaya yang telah diamankan BKSDA Sultra itu menarik perhatian penduduk. Buaya muara ini pun menjadi tontonan warga yang penasaran.

Dari laporan penduduk, kata Prihanto, di Kali Wanggu masih ada tiga ekor buaya yang ukurannya lebih besar dibanding yang ditangkap itu.

“Warga harus berhati-hati saat berada di kali,” imbaunya. (cr6/iis)

To Top