USBN SMKN 1 Kendari dan SMAN 10 Kendari Lancar – Berita Kota Kendari
Pendidikan

USBN SMKN 1 Kendari dan SMAN 10 Kendari Lancar

KENDARI, BKK – Pelaksanaan Ujian Sekolah Berbasisi Nasional (USBN), di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kendari dan di SMAN 10 Kendari yang digelar Senin (20/3) berjalan dengan sangat baik tanpa adanya kendala yang berarti sehingga proses pengerjaan soal-soal oleh siswa berjalan dengan sebagai mana mestinya.

Rencananya pelaksanaan USBN akan digelar selama  tiga hari hingga  22 Maret 2017.

Kepala SMKN 1 Kendari Ali Koua mengatakan, dalam pelaksanaan USBN di SMKN 1 berlangsung dengan sangat baik.

Menurutnya, guru-guru dihimbau agar mentaati prosedur tata tertib yang sudah ditetapkan kepada sekolah pelaksana USBN, merupakan perhelatan skala nasional sehingga harus dipersiapkan dengan sangat baik.

SMKN 1 Kendari juga sangat mengantisipasi hal-hal yang akan mengganggu pelaksanaan dan kelancaran proses USBN  seperti siswa dilarang keras memegang alat komunikasi dalam ruangan, membawa kertas yang dapat membuka peluang siswa tidak berlaku adil, sehingga dalam proses USBN ini sangat dituntut integritas (kejujuran) masing-masing siswa/siswi.

Lanjut katanya, sehingga hasil yang didapatkan oleh SMKN 1 Kendari tidak luput dari pantauan Dinas Pendidikan pemuda dan olahraga (Dikmudora) Kota, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra)

“Saya sudah mengarahkan kepada pengawas USBN agar menjaga segala kemungkinan yang akan mempengaruhi proses berjalannya USBN sehingga saya sangat menitip beratkan kepada pengawas hal-hal yang kita tidak inginkan terjadi,” ujarnya Ali disela-sela memantau pelaksanaan USBN.

Sementara itu, Siswa SMKN 1 Kendari Stevani Fitra Jaya mengungkapkan bahwa pelaksanaan USBN yang digelar sekolah, sudah dipersiapkan dengan baik melalui belajar baik melalui media internet dan buku pelajaran sehingga dalam pelaksanaannya dapat dihadapi dengan siap dan berjalan dengan baik.

“ Saya sudah mempersiapkan menghadapi USBN dengan  mengatur waktu belajar dengan  baik. seperti belajar pada saat malam hari, shubuh dan juga menjaga pola tidur dan makan, sehingga dalam menghadapi USBN berjalan dengan lancar seperti hari ini dan kedepannya” ucap Stevani yang mengambil jurusan Perkantoran.

Selain itu Kepala SMA Negeri 10 Kendari, Ruslan MPd  mengungkapkan pelaksanaannya USBN sudah sesuai harapan, hal tersebut terlihat dari kehadiran pengawas USBN dan siswa-siswi yang datang tepat pada waktunya, dan mengerjakan prosedur yang telah ditetapkan sekolah dengan sangat baik.

“Sesuai dengan pos pelaksanaan  pengawas USBN dilakukan penyilangan, tidak bisa guru yang sama mengawas mata pelajaran yang sama sehingga menjaga integritas (kejujuran) pelaksanaan USBN sendiri,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya.

Ia berharap, agar pelaksanaan USBN yang dicanangkan oleh pemerintah agar dilaksanakan dengan baik sekaligus mengevaluasi hal-hal yang belum baik agar kedepannya sesuai harapan yang kita diinginkan. (p12/lex)

To Top