SMPN 5 Kendari Lakukan Simulasi UNBK – Berita Kota Kendari
Pendidikan

SMPN 5 Kendari Lakukan Simulasi UNBK

Suasana pelaksanaan gladi bersih UNBK di SMPN 5 Kendari (Foto Sumardin)

KENDARI, BKK –  Pelaksanaan gladi bersih simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), yang dilakukan oleh SMPN 5 Kendari berjalan dengan baik tanpa adanya kendala dihadapi dalam pelaksanaannya.

SMPN 5 Kendari melaksanakan simulasi UNBK selama dua hari dengan total siswa/siswi SMPN 5 Kendari yang mengikuti UNBK berjumlah 350 orang dengan menggunakan tiga shif dalam pelaksanaannya. Senin (20/3)

Kepala SMPN 5 Kendari, Mansur Mokuni SPd MPd mengungkapkan, dengan adanya simulasi UNBK pihak sekolah sudah bisa menilai sampai dimana kesiapan didalam menghadapi UNBK, baik terhadap proktor yang mendampingi siswa dalam pelaksanaan Ujian, Teknisi UNBK dan kesiapan siswa itu sendiri dalam menghadapi UNBK.

Ia menjelaskan, didalam pelaksanaan UNBK sendiri ada hal-hal yang harus diperhatikan yaitu mulai dari penyiapan jaringan server siswa sendiri, login yang memerlukan beberapa tahap yang harus mengisi nomor token yang dapat berubah setiap sepuluh menit untuk dapat mengaktifkan komputer sehingga dapat digunakan kembali sehingga kadang siswa/siswi menemui kendala.

Untuk kendala teknis lainnya masih ada pihak sekolah mendapati sebagian kecil siswa/siswi yang belum mahir menggunakan aplikasi UNBK sehingga pihak sekolah memberikan bimbingan setiap saat terhadap siswa yang masih kurang mahir menggunakan komputer sehingga pada hari pelaksanaan UNBK tidak megalami kendala teknis lagi.

“Kita berharap agar pihak dari PLN tidak memadamkan lampu pada pelaksanaan UNBK sebagai mana yang pernah dialami oleh Sekolah Mengah Atas yang lalu sehingga pelaksanaannya berjalan dengan baik,” ujarnya.

Dikatakan, sekolah sudah mempunyai strategi kedepan  didalam menghadapi masalah teknis seperti pemadaman listrik, sehingga sekolah mengadakan genset guna menghadapi kondisi yang paling terburuk. (p12/lex)

To Top