Resepsi Pernikahan Putra Bungsu Prof Mahmud Hamundu Ajang Silaturahmi Kandidat Gubernur – Berita Kota Kendari
Headline

Resepsi Pernikahan Putra Bungsu Prof Mahmud Hamundu Ajang Silaturahmi Kandidat Gubernur

Kedua mempelai dr Yusuf Harkiam Hamundu dengan dr Sitti Fatimah Fransiska Sepdahilia Nur

Acara resepsi pernikahan lazimnya menjadi forum silaturahmi dan saling mengeratkan kekerabatan, sehingga melupakan sekat politik. Apalagi yang punya hajatan adalah tokoh masyarakat yang tak keberpihakan politik, sekelas Prof H Mahmud Hamundu. Sehingga acara resepsi penikahan putra bungsunya, dr Yusuf Harkiam Hamundu dengan dr Sitti Fatimah Fransiska Sepdahilia Nur menjadi ajang silaturahmi sejumlah tokoh politik yang lagi bersiap bertarung di pemilihan gubernur 2018 mendatang.

 

Para kandidat gubernur duduk semeja dan berbincang-bincang akrab

Mantan Rektor Universitas Halu Oleo (Unhalu) Prof Ir H Mahmud Hamundu MSc menggelar acara resepsi putra bungsunya dr Yusuf Harkiam Hamundu dengan gadis mualaf dari etnis Dayak di Kalimantan Barat, dr Sitti Fatimah Fransiska Sepdahilia Nur di Hall Grand Clarion Hotel Kendari, Senin (20/3) malam.

Sejumlah tokoh politik, pejabat pemerintahan, akademisi, tokoh masyarakat, agama, pemuda, dan masyarakat biasa menghadirinya. Sejumlah politisi yang mulai disebut-sebut namanya akan bertarung pada Pilgub 2018 mendatang tampak hadir, bahkan mereka berkumpul dalam satu meja yang sama.

Mereka diantaranya, mantan gubernur  H Ali Mazi SH, Ketua DPD PDIP dan mantan Bupati Wakatobi, Ir Hugua, anggota DPR-RI dan mantan Wali Kota Baubau Dr H MZ Amirul Tamim MSi, dan mantan Bupati Buton Ir H LM  Sjafei Kahar. Di meja ikut duduk bupati terpilih Muna Barat LM Rajiun Tumada, mantan Sekda Prov Sultra Ir H Zainal Abidin, dan Rektor Unsultra Prof Dr Ir Andi Bahrun MAgriSc.

Mereka tampak berbincang-bincang akrab sambil menikmati hidangan dari tuan rumah, sepertinya melupakan situasi politik yang mereka hadapi. Bahkan terkadang mereka terlihat bersenda gurau diselingi tawa ringan.

Calon gubernur lainnya yang juga Wali Kota Kendari, Dr Ir H Asrun MEng Sc datang belakangan. Setelah menyalami kedua mempelai, Asrun lalu berjalan menuju salah satu meja di ruangan VIP yang telah disediakan.

Dia tak bisa bergabung di meja Ali Mazi Cs karena kursi telah full terisi sehingga memilih meja di yang berdampingan. Di meja itu telah duduk Wali Kota Kendari H Musadar Mappasomba SP MP dan mantan Pembantu Rektor IV Unhalu saat Prof Mahmud Hamundu menjadi rektor, H Alibas Yusuf.

Namun sebelum itu Asrun menyempamtkan diri berjabat tangan akrab dengan para politisi Ali Mazi Cs.

Tapi tidak semua kandidat gubernur ikut hadir dalam acara itu. Misalnya, Dr H Lukman Abunawas, Rusda Mahmud, dan Drs H Imran. Selain itu Gubernur Nur Alam juga tak sempat hadir dalam acara itu karena sedang ada tugas di luar daerah.

Acara pernikahan putra Prof Mahmud juga menjadi ajang silaturahmi sekaligus rekonsiliasi sivitas akademika UHO yang baru usai melaksanakan pemilihan rektor tahap pertama. Para guru besar dan sivitas akademika diantaranya anggota senat yang sudah barang tentu berbeda pendapat dalam pemilihan rektor berbaur satu sama lain.

Salah satu calon rektor peraih suara ternbayak Prof Dr Buyung Sarita tampak hadir sejak acara mulai berlangsung, bersama Prof La Ode Aslan, Prof Andi Bahrun, dan sejumlah guru besar UHO lainnya. Sedangkan calon rektor peraih suara terbanyak kedua Dr Muh Zamrun F SSi MSi hadir di pertengahan acara.

Prof Mahmud yang dikenal sebagai mantan tokoh pendidik dan juga tokoh agama sehingga banyak tamu-tamu dari tokoh akademisi yang hadir, bukan saja dari UHO, tapi juga dari perguruan tinggi lainnya di Sultra. Seperti ada Rektor UMK, Muh Nur SP MSi, dan mantan Rektor UMK Prof Dr H Abdullah Alhadzah serta tokoh akademisi lainnya.

Sebelumnya, sebagai tuan rumah pemilik hajatan Prof H Mahmud Hamundu mengucapkan rasa syukur atas izin Allah dia dapat melangsungsukan resepsi pernikahan anaknya dr Jusuf Harkiam.

“Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kehadiran seluruh hadiri tamu undangan dan keluarga, yang ikut memberikan doa dan selamat untuk kebahagiaan anak kami,” kata mantan Ketua ICMI Orwil Sultra ini.

Dalam acara itu, mantan Gubernur Ali Mazi menyampaikan sambutan mewakili kedua mempelai. Dia mendoakan semoga kedua mempelai menjadi keluarga sakinah mwadah warahmah.

Putra bungsu Prof Mahmud bersama istrinya Hj Murni, dr Jusuf Harkiam Hamundu menikahi gadis mualaf asal Kalimantan Barat  dr Sitti Fatimah Fransiska Sepdahilia Nur putri dari Odorikus Amol dengan Lidia Bibiaba.

Pasangan dr Jusuf Harkiam Hamundu dan dr Sitti Fatimah Fransiska adalah sama-sama alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI). Setelah menjalani masa perkenalan, lalu memutuskan menikah setelah mereka menyelesaikan kuliahnya.

Mereka telah melangsungkan akad nikah di Masjid Agung Al Kautsar Kendari pada Jumat (17/3) lalu. Saat ini keduanya bertugas di RSUD Palagimata Kota Baubau. (lex)

To Top