Pemkot Kendari Ingin HUT ke-186 Mencetak Rekor MURI – Berita Kota Kendari
Beranda

Pemkot Kendari Ingin HUT ke-186 Mencetak Rekor MURI

Dari sinilah sejarah Kota Kendari bermula. Kota tua yang seandainya ia beradal dalam tanah, terkubur di kedalaman, orang Tolaki akan menggalinya dan merekonstruksi bangunannya. Sebuah kenang-kenangan abad ke-18 sewajarnya lestari.

KENDARI, BKK – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari berambisi mencetak rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) melalui Festival Pangan Lokal, yang dirancang untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-186 Kota Kendari.

Festival makanan khas Sulawesi Tenggara (Sultra) itu disebut Sikkato, akronim dari Sinonggi, Kasuami, Kambose, dan Kabuto.

“Ini, kan, sangat bagus. Apalagi belum ada dilakukan di daerah lain,” kata Sekretaris Kota (Sekot) Kendari Alamsyah lotunani, Senin (20/3).

Menurut dia, Festival Pangan Lokal merupakan kegiatan yang unik dan berbeda, dalam perayaan HUT Kota Kendari nanti.

Berkait itu, lanjut dia, dirinya sudah menugaskan pihak terkait untuk mencari indikator apa saja agar bisa meraih rekor MURI itu.

Secara keseluruhan, beber dia, Pemkot akan mengoptimalkan HUT agar bisa meriah, meski tanpa anggaran khusus yang disiapkan.

Semua persiapan untuk menyukseskan momen tersebut, kata dia, sudah dilakukan.

“Tentu saja HUT Kota Kendari kali ini kita persiapkan acara puncaknya adalah upacara, dengan menghadirkan tokoh masyarakat secara optimal,” ujarnya.

Kemudian dalam rangkaian itu, sambung dia, seperti biasanya akan dilaksanakan beberapa kegiatan seperti Kendari Expo, yang rencananya akan dilaksanakan lebih panjang waktunya dari tahun-tahun sebelumnya, yang mana kali ini selama dua pekan.

“Selain itu, HUT nanti kita juga akan menggelar kegiatan pawai budaya. Di mana pawai budaya nanti saya harapakan pihak dinas kebudayaan dan pariwisata untuk mengemas dengan baik. Sebab, kegiatan ini bisa menjadi cikal bakal event nasional,” paparnya.

Masih kata dia, dirinya sudah menugaskan kepada pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk membuat undangan kepada daerah-daerah asal masyarakat Kendari.

“Tentu saja rencana tersebut sangatlah positif. Karena, jika ini bisa kita lakukan, maka sangat baik untuk masyarakat kita utamanya dari etnis tertentu, untuk memahami ataupun bersama-sama dalam membangun kota ini,” terangnya.

Bahkan, ungkap dia, nanti diadakan juga beberapa perlombaan olahraga.

“Namun, itu belum difinalkan,” ucapnya.

Karena tidak memiliki anggaran khusus untuk perayaan ini, ia mengungkapkan, masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) menyiapkan anggaran sebesar Rp 20 juta.

“Intinya kita akan optimalkan agar momen ini bisa kita ramaikan. Apalagi momen tersebut bersamaan dengan HUT Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra),” tambahnya. (cr6/iis)

To Top