Headline

Menag Ajak Warga Baubau Perekat Persatuan

BAUBAU, BKK – Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin menyebut agama menjadi faktor penting perekat persatuan. Hal itu ia sebutkan saat hadir dalam tatap muka dan dialog kerukunan antar umat beragama di Kantor Wali Kota Baubau, Senin (20/3).

Indonesia yang memiliki 250 juta penduduk kata dia menjadi negara yang menjunjung tinggi keberagaman. Keberagaman sendiri telah sejak lama dijadikan faktor pemersatu bangsa oleh para pendahulu. Satu hal yang paling penting dalam pemersatu itu, Agama.

“Apapun suku, etnis, warna kulit kita, kebaragaman itu menjadi faktor pemersatu. Agama menjadi poin penting,” katanya.

Dalam pasal-pasal di undang-undang kita, lanjut Lukman, tidak ada satupun ayat yang bertentangan dengan nilai-nilai keagamaan. Itulah yang sudah ditafsirkan oleh para pendahulu bangsa dalam menyatukan negara dengan ribuan pulau ini.

Di hadapan eksekutif, legislatif, dan yudikatif serta tokoh masyarakat, agama yang hadir, Lukman berharap agama yang menduduki posisi tertinggi dalam penataan kemajemukan Indonesia harus menjadi pemersatu. Kehidupan beragama yang baik di Indonesia katanya jangan membuat lengah dan lalai.

“Karena kondisi ini tidak begitu saja datang dari langit, kita harus pelihara dan rawat dengan baik,” sarannya.

Walikota Baubau, AS Tamrin dalam sambutannya mengatakan, kedatangan Menteri Agama ke Kota Baubau diharapkan dapat lebih memperkuat tali silaturahmi antar umat beragama di Sulawesi Tenggara, khusunya di Kota Baubau yang selama ini terjaga dan tidak pernah terlibat konflik. (cr7/lex)

To Top