Beranda

Jaringan SIAK Diaktifkan kalau Pejabat Lama Dikembalikan

KENDARI, BKK- Selama pemerintah Kota Kendari belum mengembalikan pejabat lama Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil), maka selama itu pula Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) tetap diputus oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Begitu kata Pelaksana Tugas (Plt) Kadisdukcapil Kota Kendari H Halili, Senin (20/3).

Halili memprediksi, April mendatang jaringan SIAK yang telah lama diputuskan oleh Kemendagri akan diaktifkan kembali.

“Itu berdasarkan hasil koordinasi yang dilakukan dengan pihak Kemendagri, dalam hal ini Direktorat Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil),” ungkapnya.

Itu pun, kata dia, kalau mekanisme (pengangkatan pejabat) sudah jalan sesuai dengan aturan, dan pejabat-pejabat yang menjabat secara resmi berdasarkan Surat Keputusan (SK) Mendagri akan dikembalikan.

“Di mana dengan dikembalikannya pejabat lama (yang diangkat) berdasarkan SK Mendagri, maka jaringan server SIAK tersebut akan dikembalikan atau diaktifkan kembali,” paparnya.

Masih kata dia, saat ini nama-nama (pejabat) tersebut sudah diusulkan melalui Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), prosesnya paling lambat satu pekan.

“Sedangkan di Kemendagri paling lambat dua pekan sesuai dengan aturan yang berlaku,” paparnya.

“Sehingga jika semua itu sudah dilakukan, maka jaringan server SIAK ini akan normal April nanti. (Dengan catatan) Apabila pejabat lama sudah definitif,” ujarnya. (cr6/iis)

To Top