MAN IC Kota Kendari Lakukan Seleksi Siswa Baru – Berita Kota Kendari
Pendidikan

MAN IC Kota Kendari Lakukan Seleksi Siswa Baru

Sumardin/BKK
Suasana seleksi siswa baru MAN IC Kota Kendari yang berlangsung di ruang sekolah MAN IC Kota Kendari, Sabtu (19/3).

KENDARI, BKK – Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) melakukan seleksi siswa baru untuk tahun ajaran 2017 berlangsung di tiga daerah di Sultra yakni Kota Baubau, Kota Kendari, dan Kolaka.

Kepala Sekolah MAN IC Kota Kendari Abdul Basit menjelaskan, seleksi penerimaan siswa baru MAN IC berlangsung secara serentak secara nasional selama sehari di 38 provinsi di Indonesia.

“Proses seleksi dilakukan dengan dua tahap seleksi yaitu tahap seleksi potensi belajar dan tahap seleksi potensi akademik yang dilakukan pada hari yang sama. Dua tahap komponen seleksi tersebut yang akan menjadi tolak ukur siswa/siswi yang akan diterima di MAN IC Kota Kendari,” kata Abdul Basit kepada jurnalis BKK, Sabtu (19/3).

Dia menguraikan, dalam tahun 2017 ini kuota siswa baru sebanyak 96 orang, sementara jumlah pendaftar mencapai 320 orang.  Dari jumlah tersebut, yang menjalani tes seleksi di MTsN 1 Bau-Bau sebanyak 70 orang, di MTsN 1 Kolaka 43 orang dan untuk Kota Kendari dilaksanakan di MAN IC Kota Kendari  dengan jumlah peserta sebanyak 207 orang.

“Saya sangat berharap agar siswa/siswi yang lolos seleksi MAN IC Kota Kendari merupakan peserta didik yang betul-betul mempunyai kemampuan dibidang akademik dan di bidang IPTEK, yang akan menjadi calon pemimpin bangsa dimasa yang akan datang,” ujarnya.

Rencananya pengumuman hasil seleksi dilaksanakan pada 10April 2017, yang dilakukan secara online baik itu melalui website resmi MAN IC atau email masing-masing peserta didik.

Basit menjelaskan, MAN IC merupakan salah satu lembaga pendidikan di bawah binaan Kementerian Agama RI yang berasrama, sehingga diharapkan dapat melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam keimanan dan ketakwaan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta mampu mengaktualisasikan diri dalam kehidupan masyarakat.

Dengan harapan ini maka proses seleksi siswa baru menggunakan standarisasi yang ketat untuk mampu menjawab kebutuhan sekolah.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Sulawesi Tenggara (Sultra), Dr Joko mengatakan sangat bersyukur terhadap kepercayaan yng diberikan pemerintah pusat melalui Kementerian Agama RI yang dapat memberikan bantuan sarana prasarana sehingga terbangunnya MAN IC Kota Kendari dan kepada pemerintah Kota Kendari.

“Semoga dengan adanya MAN IC Kota Kendari semoga memberikan warna baru terhadap Madrasah Aliah unggulan yang notabene sekolah taraf internasional, sehingga dengan banyaknya minat akan MAN ICKota Kendari memungkinkan mendapatkan input yang berkualitas terhadap peserta didiknya,” katanya.

Dia menguraikan, pihaknya terus berupaya semaksimal mungkin melakukan sosialisasi ke daerah-daerah di Sultra, untuk mendapatkan putra/putri bangsa yang berkualitas sehingga bisa masuk di MAN IC Kota Kendari.

“MAN IC juga menerima siswa/siswi miskin yang tidak dibebankan biaya pendidikan dengan catatan yang bersangkutan secara ekonomi tidak mampu tapi secara akademik mampu hanya dengan menunjukan salah satu kartu jaminan sosial pemerintah contonya Kartu Indonesia Pintar (KIP),” pungkasnya.(p12/lex)

To Top