Hendak Menjambret, Pemuda Ini Ditangkap Polisi – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Hendak Menjambret, Pemuda Ini Ditangkap Polisi

Kapolres Baubau Suparno Agus Candra Kusumah menggelar konferensi pers didampingi Kapolsek Wolio Anwar. (Foto: Adnan/BKK)

BAUBAU, BKK – Aparat Kepolisian Resor (Polres) Baubau menangkap pria yang diduga hendak melakukan aksi penjambretan, Jumat (18/3).

Pria berinisial SR (20) ditangkap di Jalan WR Monginsidi Kelurahan Bataraguru Kecamatan Wolio, saat melintas menggunakan sepeda motornya.

Penangkapan SR bermula ketika aparat Kepolisian Sektor (Polsek) Wolio bersama penyidik Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Baubau memantau jalan yang sering terjadi penjambretan.

Ketika sebuah sepeda motor melintas sekitar pukul 17.30 Wita, kemudian dibuntuti polisi karena gerak-geriknya mencurigakan.

Sepeda motor yang dikendarai SR itu terlihat akan memepet seorang pengendara sepeda motor, sebelum ia melakukan aksinya. Polisi yang menggunakan kendaraan roda empat langsung menghalangi laju sepeda motor dan  mengamankan SR.

Saat diinterogasi, SR mengaku telah melakukan aksinya menjambret di empat lokasi berbeda dalam wilayah Kota Baubau.

Dari pengembangan itu pula, SR ternyata tak melakukan aksinya sendirian, ia bersama satu orang rekannya berinisial HD yang kini masih dikejar polisi.

Dari tangan SR, polisi mengamankan beberapa barang bukti diantaranya, satu unit sepeda motor, satu unit helmn,  satu unit ponsel.

Berdasarkan pengakuan SR, dari empat lokasi ia beraksi, ia mendapatkan empat buah ponsel berbagai jenis.

“Hasil yang mereka dapat sudah dijual, dua buah dia jual sendir, yang duanya lagi dijual sama temannya yang masih kita cari,” kata Kapolsek Wolio Ajun Komisaris Polisi (AKP) Anwar, ketika menggelar rilis kasus penjambretan, Sabtu (19/3).

Di tempat yang sama, Wakapolres Baubau Komisaris Polisi (Kompol) Suparno Agus Candra Kusumah SIK meminta masyarakat tetap waspada aksi penjambretan. Dari beberapa kasus yang dilaporkan, pelaku jambret kebanyakan mengincar korban pengendara wanita dan ibu-ibu.

Penjambret yang biasa beraksi antara pukul 15.00 Wita sampai 17.30 Wita menggunakan cara yang sadis. Setelah memepet dan mengambil barang berharga korban, korban ditendang dari sepeda motornya hingga tersungkur dari sepeda motornya.

“Tetap tingkatkan kewaspadaan,” pintanya.

Dia juga berharap masyarakat bekerjasama dengan polisi untuk mengungkap dan mencegah terjadinya aksi penjambretan di Kota Baubau. (cr7/iis)

To Top