Beranda

Dewan Minta Pemkot Kendari Kasih Berobat Gratis Warga Miskin

Ilustrasi

KENDARI, BKK- Masih banyaknya warga miskin di Kota Kendari yang dilaporkan belum mendapatkan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

Anggota Komisi III La Ode Azhar mengatakan, memberikan pelayanan bagi warga  miskin untuk berobat di rumah sakit merupakan tanggung jawab pemerintah sesuai dengan pasal 6 dan Undang-Undang (UU) Nomor 44 Tahun 2009 yang juga telah dilaksanakan, namun hal itu belum menyentuh secara menyeluruh.

“Program pemerintah sesuai dengan perintah UU telah dilakukan melalui Jamkesda, namun hal ini belum menyentuh secara menyeluruh, sehingga masih ada tanggung jawab yang mesti dilakukan,” ujarnya.

Untuk menyelesaikan tanggung jawab tersebut, lanjut dia, selain program Jamkesda maka perlu dibuat peraturan wali kota (perwali) yang isinya memberikan jaminan bagi warga miskin untuk berobat gratis di rumah sakit.

Teknisnya nanti, papar dia, setiap warga miskin yang berobat dilampirkan keterangan dari pihak kelurahan dan anggarannya disalurkan lewat APBD.

“Selain progaram Jamkesda, kita perlu perwali untuk menggratiskan pengobatan bagi warga miskin yang tidak tercover, untuk anggarannya nanti dibantu di APBD,” terangnya.

Masih kata dia, pertimbangan hal ini dilakukan dengan melihat perkembangan RSUD Kota Kendari yang sistem pengelolaan anggarannya melalui Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dengan tujuan meningkatakan mutu pelayanan.

“Kalau RSUD Kota Kendari menggunakan sistem BLUD dengan tujuan meningkatkan mutu pelayanan, maka seharusnya pemkot membantu warga miskin yang tidak tercover,” jelasnya.

Dewi salah satu warga miskin Keluaran Lalolara Kecamatan Kambu, ditemui terpisah di rumahnya mengatakan, sampai saat ini dirinya belum tercover mendapatkan Jamkesda dan berharap dengan usulan DPRD bisah membantu dalam melakukan pengobatan di rumah sakit.

“Saya berharap usulan DPRD ini bisah membantu kami untuk berobat ke rumah sakit, karena kalau harap Jamkesda sampai saat ini saya belum terdaftar,” pungkasnya.(cr5/iis)

To Top