Lingkar Sultra

Danramil Mowewe Gagalkan Pengiriman Jabon Merah

TIDAK TAHU MASALAH. Sopir dan kenek truk kontainer yang membawa 5 kubik jabon merah hanya tampak pasrah saat dihentikan oleh jajaran Koramil Mowewe, di jalan poros Kolaka – Kendari, Minggu (19/3).

TIRAWUTA, BKK- Komando Rayon Militer Mowewe, Kolaka Timur berhasil menggagalkan pengiriman kayu jabon merah yang diduga ilegal. Aksi itu melibatkan langsung Komandan Rayon Militer Kecamatan Mowewe, Kapten (Inf) Hamka

Kapten (Inf) Hamka yang dihubungi membenarkan kejadian tersebut. Saat itu, dia bersama anggotanya mendapatkan laporan dari masyarakat mengenai pengiriman kayu jabon merah yang diduga ilegal.

Di kilometer 19, jalan poros Kolaka-Kendari, Danramil pun langsung menghentikan sebuah truk kontainer dengan nomor plat B 9050 UIT. Setelah diminta membuka kontainernya, ternyata memang ditemukan tumpukan kayu jabon merah.

“Setelah kami periksa, ternyata sopir tidak dapat menunjukan surat-suratnya. Dia mengaku tidak tahu apa-apa dan hanya diperintah untuk memuat,” jelasnya.

Setelah dihitung, jumlah kayu abon merah yang masih dalam bentuk gelondongan ini sebanyak lima kubik. Jenis kayu tersebut tergolong mahal dan memiliki pasaran hingga ke Pulau Jawa, terutama Surabaya.

“Jabon merah juga ada di Koltim dan memang banyak diincar pelaku ilegal loging karena nilainya yang cukup tinggi di pasaran,” tambahnya.

Setelah interogasi dan perhitungan selesai, sopir dan truk tersebut dikawal hingga Kodim Koltim untuk proses lebih lanjut. (cr8/aha)

To Top