Pasar Swasta yang Berdiri di Bekas Pasar Panjang, Belum Kantongi Izin – Berita Kota Kendari
Beranda

Pasar Swasta yang Berdiri di Bekas Pasar Panjang, Belum Kantongi Izin

Nahwa Umar. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kota Kendari Hj Nahwa Umar mengungkapkan, pasar swasta yang berada di bekas Pasar Panjang belum mengantongi izin resmi dari pemerintah kota (pemkot).

Ia menjelaskan, sebelum ini pihaknya telah mengambil langkah terkait eks Pasar Panjang, yang berada di sempadan jalan.

Masih beroperasi di sekitaran Pasar Panjang, itu akan ada langkah-langkah selanjutnya bakal dilakukan.

“Saya kira DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kota Kendari yang akan memanggil pemilik lahan. Sebab meskipun pasar swasta tersebut berada di tanah milik pribadi, namun belum memiliki izin dari Pemkot Kendari,” ungkap Nahwa Umar, Jumat (17/3).

Bahkan, kata dia, Wali Kota Asrun sudah mengatakan lokasi yang memang bukan untuk peruntukannya, itu tidak boleh dibangun.

“Sehingga langkah yang kita lakukan nanti kita akan memberi tahukan kepada pemilik lahan, dan itu sudah kita sampaikan. Dan dalam waktu dekat ini, DPRD akan melakukan hearing pemilik lahan.

Selanjutnya, kita akan merajuk kepada petunjuk Wali Kota dan Pihak DPRD,” paparnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kendari Amir Hasan mengatakan, siap beroperasi di sekitaran eks Pasar Panjang belum memiliki izin.

“Kami akan menertibkan pasar yang memang tidak memiliki izin, namun penertiban itu akan dilakukan secara perlahan. Meskipun pasar swasta tersebut berada di tanah milik pribadi, namun peruntukannya tidak sesuai,” katanya. (cr6/iis)

To Top