Kejati Agendakan Kembali Pemeriksaan Fachlawi Mujur – Berita Kota Kendari
Beranda

Kejati Agendakan Kembali Pemeriksaan Fachlawi Mujur

KENDARI, BKK – Upaya Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk menjerat kembali Kepala Biro Administrasi Keuangan PT Panca Logam Makmur (PLM), Fachlawi Mujur, sebagai tersangka dugaan penunggakan pembayaran royalti PT PLM yang merugikan negara hingga Rp 9 miliar, sudah di pertengahan jalan.

Penyidik Kejati Sultra mengagendakan pemeriksaan Fachlawi Mujur pekan depan. Ini adalah panggilan ketiga yang bila tidak disahuti Fachlawi maka akan dilakukan upaya pemanggilan paksa.

“Kita sudah atur jadwalnya, pekan ini Fachlawi Mujur akan kita periksa sebagai tersangka,” tegas Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Hubungan Masyarakat (Kasipenkumhumas) Kejati Sultra Janes Mamangkey SH, Jumat (17/3).

Ia menjelaskan, pemanggilan Fachlawi Mujur bertujuan untuk mencocokan keterangan saksi-saksi dan alat bukti yang telah dipegang jaksa.

“Kita sudah selesai dengan pemeriksaan saksi-saksi dan kini kita akan periksa Fachlawi Mujur untuk pencocokan data, sekaligus merampungkan berkasnya,” jelas Janes.

Berkait pemanggilan paksa, Janes menegaskan, hal itu akan dilakukan pihaknya karena pada pemanggilan sebelumnya, Fachlawi Mujur tidak lagi bersifat kooperatif dalam memenuhi panggilan jaksa.

PT PLM dalam kasusnya ini diduga melakukan dua pelanggaran hukum sekaligus. Pada 2010-2011 melakukan pemalsuan data hasil produksi emas sehingga mengakibatkan kerugian negara mencapai Rp 12 miliar. Kemudian, pada 2012-2015 perusahaan tambang emas ini tidak menyetorkan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) atau royalti, yang mengakibatkan negara mengalami kerugian hingga Rp 9 miliar.

Kejati Sutra telah menahan dua tersangka yaitu karyawan accounting PT PLM Made Susastra dan Wakil Direktur PT PLM Rizal Fachreza. (cr5/iis)

To Top