DKP Kolut Pastikan Ketersediaan Bibit Ikan – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

DKP Kolut Pastikan Ketersediaan Bibit Ikan

MANSIRAL USMAN/BERITA KOTA KENDARI
BBI LASUSUA. Pagawai Dinas Kelautan dan Perikanan Kolaka Utara foto bersama dengan sejumlah wartawan dengan latarbelakang kolam pembibitan udang Vaname, di Balai Benih Ikan Lasusua, Jumat (17/3).

LASUSUA, BKK- Balai Benih Ikan (BBI) milik Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara akhirnya resmi difungsikan. BBI yang dibangun dengan anggaran Rp 5 miliar ini dijamin sudah mampu memenuhi bibit ikan yang dibutuhkan para petambak.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kolut, Muhlis Usman mengatakan, dari data yang ada di DKP Kolut, ada kurang lebih 5.000 hektar tambak yang tersebar hampir di semua wilayah Kolut. Luas areal tambak ini dianggap sangat potensial untuk pengembangan bibit ikan.

Hanya saja, sebagian tambak banyak yang tidur alias tidak dikelola lagi. Hal itu terjadi karena ketersediaan bibit ikan yang belum memadai kala itu. Pembibitan yang dilakukan dinas pun banyak menemui kegagalan.

“Bibitnya diambil dari BBI dari Bali. Tapi banyak yang mati karena perjalanan jauh. Juga karena adaptasi lingkungan yang sangat berat,” katanya.

Selain itu, gagalnya pembibitan ikan ketika itu juga membuat program kerambah apung menjadi tidak sukses. Karena itulah, Bupati Kolut Rusda Mahmud pun berinisiatif membangun UPTD BBI Lasusua pada 2015 lalu.

BBI yang dibangun di Lasusua ini kini menyediakan bibit udang vaname. Ke depan, jika sarana sudah lengkap, akan ditambah lagi dengan pembibitan ikan kerapuh dan benur.

“Untuk sumber daya manusia (SDM), kita mengirim tujuh penyuluh untuk belajar. Mereka ini nantinya yang akan mengelola BBI ini,” tambahnya.

BBI ini diharapkan sudah bisa berjalan maksimal dua tahun mendatang atau pada 2019. “Sehingga petani tambak kita tidak perlu lagi jauh-jauh mengambil bibit ikan,” tandasnya. (cr11/aha)

To Top