Desa Wesalo Wakili Koltim dalam Ajang Lomba Cabai – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Desa Wesalo Wakili Koltim dalam Ajang Lomba Cabai

TANAM CABAI. Bupati Koltim Tony Herbiansyah beserta Ketua TP PKK, Surya Adelina menanam cabai di Desa Wesalo, Kecamatan Laloae, yang disiapkan mewakili Koltim dalam Lomba Gerakan Tanam Cabai tingkat Sultra.

TIRAWUTA, BKK – Desa Wesalo, Kecamatan Lalolae diputuskan mewakili Kolaka Timur dalam Lomba Gerakan Tanam (Gertam) Cabai tingkat Sulawesi Tenggara, Agustus mendatang. Sebagai bentuk persiapan dalam menghadapi lomba tersebut, Pemerintah Kabupaten Koltim pun menggelar acara pencanangan tanaman cabai yang dihadiri Bupati Koltim Tony Herbiansyah bersama Ketua Tim Penggerak PKK Koltim dan seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Dalam sambutannya Ketua Tim Penggerak PKK Koltim, Surya Adelina Tony Herbiansyah menjelaskan Gertam Cabai merupakan program nasional yang telah disepakati antara Kementerian Pertanian Republik Indonesia dan Tim Penggerak PKK pusat, untuk dilaksankan di seluruh wilayah Indonesia.

“Yang lalu hanya Pemda dan TNI yang selalu dilibatkan. Tetapi sekarang Tim Penggerak PKK ikut juga dilibatkan dalam menyukseskan program nasional ini. Rupanya pusat melihat PKK bisa juga diandalkan apalagi keberadaan PKK berada sampai ke tingkat dusun,” katanya.

Untuk itu Adelina meminta agar peran PKK segera dijalankan sehingga program Gertam Cabai dapat sukses dilaksanakan. “Kepada bapak-bapak jangan pernah melarang istrinya untuk ikut dalam organisasi PKK, utamanya ketika sudah masuk di lingkaran pemerintah. Saya tidak mau dengar ada desa/lurah yang tidak aktif di PKK,” katanya.

Adapun terpilihnya Desa Wesalo mewakili Koltim, karena camat dan desanya yang masih baru. Ada harapan agar lomba ini bisa mendorong masyarakat setempat semangat dalam mempromosikan daerahnya kepada khalayak luas.

Meski demikian, TP PKK Koltim memilih tiga kecamatan lainnya untuk disiapkan dalam Lomba Gertam Cabai. “Kita tidak mau ambil resiko jadi kita pilih tiga kecamatan. Jadi siapa diantara tiga kecamatan ini yang lebih bagus hasil tanamannya, itu yang kita pilih untuk ikut lomba. Tetapi kecamatan lain segera mengikut untuk Gertam cabai meski tidak ditunjuk” katanya

Sementara itu, Bupati Koltim Tony Herbiansyah menghimbau kepada semua elemen masyarakat agar tidak berhenti untuk menanam agar dapat meningkatkan nilai ekonomi, juga untuk menyukseskan program pemerintah. “Saya sendiri juga sudah mulai berkebun, sebab nilai ekonomi berkebun itu sangat memuaskan dan menguntungkan,” katanya. (cr8/aha)

To Top