Bantuan Tiga Unit Kapal 20 GT Tiba di Kolut – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

Bantuan Tiga Unit Kapal 20 GT Tiba di Kolut

MANSIRAL USMAN/BERITA KOTA KENDARI
KAPAL 20 GT. Tiga kapal fiber berkapasitas 20 GT yang merupakan bantuan Kementerian Kelautan dan Perikanan, sudah berada di Kolaka Utara. Tiga kapal ini akan dibagikan pada tiga koperasi nelayan.

LASUSUA, BKK- Setelah menunggu tiga bulan lamanya, tiga unit kapal berkapasitas 20 gross tonnage (GT), akhirnya tiba juga di Lasusua, Kolaka Utara. Tiga kapal bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan ini akan dimanfaatkan oleh koperasi perikanan dan kelautan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kolut, Muhlis Usman menjelaskan, tiga kapal tersebut merupakan bagian dari enam kapal bantuan pemerintah pusat, yang dianggarkan melalui KKP tahun 2016 lalu. Enam kapal tersebut masing-masing berbobot 3 unit kapal 20 GT dan tiga unit kapal 10 GT.

Selain kapal, pemerintah pusat juga mengirimkan bantuan peralatan tangkap ikan. Adapun tiga koperasi yang menerima bantuan tersebut adalah Koperasi Bahari Putra Lasusua, Koperasi Bakti Bahari dan Koperasi Sahriya Sejatera.

“Tiga unit kapal itu telah tiba dua minggu yang lalu. Dari 6 kapal yang akan diterima, baru tiga unit kapal 20 GT yang telah tiba di masing-masing kelompok koperasi. Dari data KKP setiap koperasi menerimah dua unit kapal 20 GT dan 10 GT,” kata Muhlis.

Menurut Muhlis, keterlambatan ini disebabkan pada masalah teknis antara KKP dan galangan kapal. Namun bantuan lain, seperti peralatan penangkapan ikan, sudah diterima setiap koperasi pada tahun 2016.

“Untuk bantuan alat tangkap ikan sebanyak 3 konteiner sudah tiba lebih dahulu,” katanya.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Penangkapan Ikan, Pengelolaan dan Penyelenggaraan PPI, Nashrullah Ahmad menambahkan, dari assesmen yang diberikan KKP, setiap koperasi mendapatkan 2 unit kapal yang terbuat dari fiber glass yakni kapal dengan ukuran 10 gross tonnage (GT) dan kapal dengan ukuran 20 GT. Sedangkan untuk alat tangkap ada 7 jenis yang ada di DKP yakni jaring gillnet, bubu ikan, bubu rajungan, pancing rawai dasar, pancing Handline, pancing tonda dan pole and line.

Untuk koperasi penerima bantuan, merupakan koperasi yang telah diverifikasi dari Direktorat Perikanan Tangkap, KKP dan DKP Kolut. Koperasi tersebut berhubungan langsung dengan nelayan atau beranggotakan nelayan, yang salah satu jenis usahanya yakni usaha tangkap ikan. Bantuan ini nantinya akan dikelola kelompok nelayan secara mandiri yang bernaung bersama di bawah koperasi.

“Untuk kedepan, nantinya bantuan yang akan turun ke masyarakat bukan pada kelompok-kelompok, namun pada kelompok masyarakat yang berbadan hukum tetap seperti koperasi,” tutur Nashrullah.

Nashrullah mengharapkan bantuan yang nantinya akan segera didistrubusikan di setiap koperasi, akan bermanfaat dalam meningkatkan pendapatan serta taraf hidup nelayan yang ada di Kolaka Utara. (cr11/aha)

To Top