Pegamat Hukum: Ada Skenario Vonis Bebas Aswad Sulaiman – Berita Kota Kendari
Beranda

Pegamat Hukum: Ada Skenario Vonis Bebas Aswad Sulaiman

KENDARI, BKK- Sidang lanjutan kasus dugaan korupsi proyek pembangunan Kantor Bupati Konawe Utara (Konut) pada 2010-2011 dengan terdakwa Aswad Sulaiman, kembali ditunda. Kali ini jaksa penuntut umum (JPU) dilaporkan tidak siap. Sedianya, sidang kali ini mengagendakan pembacaan tuntutan.

Adalah Anton B Silitonga, salah seorang JPU perkara ini meminta Ketua Majelis Hakim Pengadilan Tipikor (PT) Kendari Irmawati Abidin untuk menunda sidang pembacaan tuntutan terhadap mantan Bupati Konut.

“Karena kami belum siap yang mulia, jadi kami minta untuk ditunda dulu sidang ini,” pinta Anton, Rabu (15/3).

Permintaan ini kemudian dikabulkan, berdasarkan beberapa pertimbangan, dan akan dilanjutkan kembali pada Senin (20/3) pekan depan.

Di sisi lain, Razak Naba, kuasa hukum Aswad Sulaiman mengatakan, sebenarnya klienya telah siap mendengarkan tuntutan.

“Tapi berhubung ini ditunda, ya, kita ikuti saja,” katanya.

Terpisah, salah seorang pengamat hukum di Sultra, Saninuh Kasim menilai, perkara Aswad Sulaiman sangat rentan untuk berujung vonis bebas.

Ia menjelaskan, proses sidang pada kasus ini sebenarnya telah melewati ambang batas waktu sidang, dimana batas sidang pada kasus tindak pidana korupsi maksimal empat bulan.

“Aswad telah menjalini proses sidang melebihi empat bulan, di mana berdasarkan aturan hukum, mestinya telah jatuh vonis,” menurutnya.

Kuat dugaan, lanjut dia, penundaan sidang yang terjadi pada kasus ini merupakan setingan untuk membebaskan Aswad dari jeratan hukum, terlebih hingga kini Aswad sendiri tidak ditahan.

“Sejak ditetapkan tersangka hingga proses sidang berjalan, Aswad itu tidak ditahan. Kemudian, saat ini sidangnya selalu ditunda, bahkan ini sidang keempat kalinya yang ditunda. Berdasarkan hal itu maka kuat dugaan ini merupakan setingan,” katanya. (cr5/iis)

To Top