Headline

Zayat Menang Telak di Lapas

Napi memasukkan surat suara usai melakukan pencoblosan di Lapas Klas IIA Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu (15/2). Foto: Jojon/ANTARA

KENDARI, BKK- Secara total untuk perolehan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus yakni di Lapas dan Rutan Kendari, pasangan calon (paslon) Zayat-Syahriah menang hingga 46 persen dan meninggalkan paslon ADP-Sul serta Rasak-Haris.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KemenkumHam) Sultra, Sofyan ditemui di ruangannya, Kamis (16/2) menjelaskan, untuk perolehan suara di TPS khusus Rutan dan Lapas paslon Zayat-Syahria memang mendominasi.

“Posisi suara Zayat-Syahriah mencapai hingga 83 suara atau sebesar 46 persen, disusul ADP-Sul sebanyak 50 suara atau sebesar 28 persen dan paslon Rasak-Haris sebanyak 45 suara atau sebesar 25 persen,” terangnya.

Untuk perhitungan terpisah, lanjut dia, pada TPS khusus di Rutan Kendari perolehan suara tiap paslon beda tipis, dimana ADP-Sul unggul dengan jumlah 39 suara, disusul Rasak-Haris 38 suara dan Zayat-Syahria 29 suara.

“Jumlah yang memilih yaitu sebanyak 106 orang dari total 520 orang penghuni rutan,” jelasnya.

Sedangkan, masih kata Sofyan, untuk TPS khsus di Lapas Kendari perolehan suara Zayat Syahria menag telak dari dua rivalnya dengan jumlah hingga 54 suara, paslon ADP-Sul hanya mendapatkan 11 suara dan Rasak-Haris sebanyak 7 suara.

“Jumlah pemilih di Lapas sebanyak 72 orang dari total penghuni Lapas sebanyak 430 orang,” tambahnya.

Berkaitan dengan persoalan ini, Sofyan juga memaparkan, meski jumlah penghuni lapas dan penghuni rutan banyak, namun menjadi wajib pilih mesti sesuai prosedur yaitu memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kota Kendari atau kartu keluarga yang menunjukan tempat domisilinya berada di wilayah di Kota Kendari.

“Dari jumlah itu, hanya ada 106 penghuni Rutan dan 72 penghuni Lapas yang memiliki hak pilih, dimana total secara keseluruhan mencapai 178 wajib pilih,” paparnya.

Pada proses pemilihan itu sendiri, tambah Sofyan, berlangsung aman dan tentram. Untuk suara batal dari dua TPS khusus yang diselenggarakan KPU Kota Kendari ini juga tidak ada, semua wajib pilih menyalurkan hak suaranya dengan benar.

“Tidak ada suara batal, semua berjalan dengan baik dan aman,” pungkasnya.(cr5/lex)

Hasil perhitungan suara di Lapas Kendari
1. Paslon nomor urut 1, Rasak-Haris memperoleh 7 suara
2. Paslon nomor urut 2, ADP-Sul memperoleh 11 suara
3. Paslon nomor urut 3, Zayat-Syahria memperoleh 54 suara
#Jumlah wajib pilih 72 orang
#Jumlah suara batal tidak ada

Hasil perhitungan suara di Rutan Kendari
1. Paslon nomor urut 1, Rasak-Haris memperoleh 38 suara
2. Paslon nomor urut 2, ADP-Sul memperoleh 39 suara
3. Paslon nomor urut 3, Zayat-Syahria memperoleh 29 suara
#Jumlah wajib pilih 106 orang
#Jumlah suara batal tidak ada

To Top