Satu TPS di Buteng Adakan PSU – Berita Kota Kendari
Suksesi

Satu TPS di Buteng Adakan PSU

Suasana PSU di TPS 2 Desa Inulu, Kecamatan Mawasangka Timur. (Foto: Panwaslu Buteng)

LABUNGKARI, BKK – KPU Buton Tengah (Buteng) menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 2 Desa Inulu, Kecamatan Mawasangka Timur, Kamis (16/2). Hal ini dilakukan berdasarkan rekomendasi Panwaslu setempat pasca ditemukannya 105 surat suara yang tercoblos tanpa ditandatangani KPPS setempat.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buteng, La Ode Nuriadin mengatakan, rekomendasi Panwaslu untuk melakukan PSU tetap disetujui KPU. Apalagi, dalam rapat koordinasi yang juga dihadiri Ketua Panwaslu Buteng Helius Udaya, Kapolres Baubau AKBP Suryo Aji, Dandim 1413 Buton Letkol Rudi Ragil juga menyepakati PSU.

“Begitu surat rekomendasi PSU dari Panwas masuk magrib, kita sepakati PSU tanggal 16,” ungkapnya.

Lanjutnya, setelah pencoblosan ulang, kemudian digelar penghitungan suara pada pukul 13.00 Wita, hasilnya pasangan nomor urut 2, Abdul Mansur Amila-Saleh Ganiru (Beramal Saleh) unggul dengan memperoleh 68 suara. Sedangkan pasangan nomor urut 1, Samahuddin-La Ntau (Samatau) memperoleh 41 suara.

Wakapolres Babau, Kompol Suparno Agus Candra Kusumah SIk juga membenarkan adanya PSU di TPS 2 Desa Inulu tersebut.  Hal itu kata dia, merupakan kelalaian dari KPPS yang tidak membubuhi tanda tangan di surat suara.

“Itu murni kelalaian KPPS-nya, jadi bukan disengaja. Suasana di sana juga tetap kondusif,” katanya.

Akibat kelalaian itu, Ketua KPU Sulawesi Tenggara, Hidayatullah langsung meminta KPU Buteng untuk memecat ketua KPPS yang bertugas di TPS tersebut saat pemungutan suara, Rabu (15/2). Sebab, hal ini menunjukkan yang bersangkutan bekerja dengan menyalahi prosedural. (CR7/nur )

To Top