Pasca Pencoblosan, Tiga Daerah di Kepulauan Buton Tetap Kondusif – Berita Kota Kendari
Suksesi

Pasca Pencoblosan, Tiga Daerah di Kepulauan Buton Tetap Kondusif

BAUBAU, BKK – Suasana keamanan pasca pencoblosan di tiga daerah di Kepulauan Buton yakni Kabupaten Buton, Kabupaten Buton Selatan, dan Kabupaten Buton Tengah, dalam keadaan kondusif dan aman terkendali. Namun demikian pengamanan di wilayah itu tetap diperketat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kapolres Buton, AKBP Andi Herman Sik dalam konferensi persnya, Kamis (16/2) mengatakan, situasi keamanan ketertiban masyarakat pasca pencoblosan di Kabupaten Buton dan Kabupaten Buton Selatan masih aman dan kondusif. Setelah memfokuskan pengamanan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS), kini pengamanan bergeser ke setiap PPK untuk mengawal kotak suara.

“Alhamdulillah hingga kini situasi masih aman terkendali,” kata Andi Herman.

Dia juga membantah adanya pemberitaan di salah satu media online lokal yang menuliskan ada bentrokan antar pendukung pasangan calon di Kabupaten Buton Selatan. Jika memang ada bentrokan, akan ada kerusakan dan lainnya. Saat itu kata dia, kebetulan massa dari salah satu pasangan calon berkumpul di posko utama yang tepat berada di jalan poros Batauga – Baubau, sehingga menghambat arus lalu lintas.

“Pak wakapolres buang tembakan peringatan ke udara karena massa memenuhi jalanan dan mengakibatkan arus lalu lintas tersendat. Tembakan itu merupakan tembakan peringatan karena dengan suara massa tak lagi mendengarkan,” tuturnya.

Dia berterima kasih kepada masyarakat Kabupaten Buton dan Kabupaten Buton Selatan yang telah bekerjasama membantu menciptakan suasana aman dan damai. Dia mengimbau agar masyarakat tetap menjaga situasi tersebut tetap tenang.

Wakapolres Baubau, Kompol Suparno Agus Candra Kusumah Sik yang juga menggelar konferensi pers terkait situasi keamanan, juga menyebutkam, pasca pencoblosan pilkada di Kabupaten Buton Tengah, situasi juga tetap aman dan damai. Tidak ada peristiwa yang menonjol dan mengarah ke hal-hal yang tidak dinginkan.

Dia mengimbau para pendukung pasangan calon yang mengklaim menang untuk tidak melakukan konvoi kendaraan. Sebab, hal itu kata dia dapat menimbulkan gesekan antar pendukung pasangan lain. Menurutnya, untuk merayakan kemenangan lebih baik dilakukan dengan cara berdoa bersama.

Suasana aman tersebut, tambahnya, berkat kerjasama seluruh lapisan masyarakat yang ikut mendukung terciptanya suasana aman dan damai. Hal ini juga membuktikan masyarakat sudah dewasa dan cerdas karena menciptakan keributan sama saja dengan merugikan diri sendiri.

“Jangan terlalu euforia. Untuk yang sekarang ada hasil dari lembaga survei mana pun, alangkah lebih baik menunggu hasil resmi dan legalitasnya jelas yakni dari KPU,” Kompol Suparno. (CR7/nur)

To Top