Meski Tak Dianggarkan, Sembilan Desa Tetap Ikut Pilkades Serentak – Berita Kota Kendari
Aktualita

Meski Tak Dianggarkan, Sembilan Desa Tetap Ikut Pilkades Serentak

HUSAIN/BKK
Kadis PMD Konkep, Jamhur Umirlan SPd di ruang kerjanya, Kamis (16/2).

LANGARA, BKK – Meski tidak teranggarkan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) dalam rencana pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang akan dilaksanakan Mei mendatang, namun sebanyak sembilan desa yang akan berakhir masa bakti kepala desanya per 20 April 2017 tetap akan diikutkan dalam Pilkades serentak.

Kepala DPMD Konkep, Jamhur Umirlan SPd menjelaskan bahwa sembilan desa dari dua kecamatan tersebut yakni Desa Sukarela Jaya, Sainoa Indah , Teporoko, Roko Roko, Dompo Dompo, Puuwatu, Bobolio, Wawo Uso, dan Baku Baku, akan dianggarkan menggunakan Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2017.

“Dalam ADD, ada salah satu item yang disebut biaya tak terduga, jadi sembilan desa ini akan dianggarkan melalui biaya tak terduga itu, akan dikalkulasi dan rasionalisasi anggaran sesuai kebutuhan masing-masing desa, karena dalam DPA hanya dianggarkan untuk 63 desa dengan nilai anggarannya sebesar tiga ratus enam puluh tujuh juta dua ratus enam puluh ribu rupiah,” katanya.

Tahapan awal yang akan dilaksanakan oleh DPMD setelah sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) bersama pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konkep, yakni melakukan pemutahiran dan akumulasi data wajib pilih dalam hal ini mengecek secara pasti wajib pilih yang berdomisili di desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak nanti.

“Setelah sosialisasikan Perda Pilkades yang isinya masalah Pemilihan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa, akan dilakukan pemutahiran dan akumulasi data wajib pilih masing-masing desa,” katanya. (cr9/lex)

To Top