Kelebihan Kapasitas, Penghuni Lapas dan Rutan Kendari Akan Disebar ke Daerah – Berita Kota Kendari
Beranda

Kelebihan Kapasitas, Penghuni Lapas dan Rutan Kendari Akan Disebar ke Daerah

Ilustrasi

KENDARI, BKK- Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum dan HAM) Sulawesi Tenggara (Sultra) Sofyan mengeluhkan jumlah penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Kendari dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kendari sudah melebihi kapasitas.

Sofyan membeberkan, penghuni Rutan berjumlah 520 orang dan warga Lapas sebanyak 430 orang.

“Batas ideal penghuni Rutan dan Lapas yang ada di Kendari mestinya hanya mencapai 200 orang saja, tidak lebih. Tapi, kita di sini justru dua kali lipat dari jumlah tersebut,” ungkapnya, saat ditemui di ruangan kerjanya, Kamis (16/2).

Untuk itu, lanjut dia, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan asesmen terkait pemindahan tananan yang ada di Rutan dan Lapas, khususnya tahanan wanita dan anak-anak.

“Kita khususkan wanita dan anak-anak, karena saat ini telah ada dua Lapas khusus untuk perempuan dan anak-anak yang berada di Kota Kendari,” terangnya.

Ia menambahkan, pemindahan tahanan lain di luar wanita dan anak-anak akan dilakukan dengan pertimbangan-pertimbangan.

“Kemungkinan tempatnya itu di Rutan yang belum melebihi kapasitas. Seperti, Rutan Unaaha, Rutan Kolaka, dan Rutan Raha. Pertimbangan kita ialah keberadaan keluarganya, masa hukuman, dan pertimbangan HAM,” urainya.

Masih kata dia, jumlah rutan dan lapas di Sultra masih perlu dilakukan penambahan, sehingga bisa mengantisipasi kelebihan kapasitas.

“Hampir semua rutan dan lapas di Sultra mengalami kelebihan kapasitas. Kita punya empat Rutan yaitu di Unaha, Kendari, Kolaka, dan Raha. Semuanya telah melebihi kapasitas. Sementara, untuk lapas kita juga punya empat, yaitu di Baubau dan Kendari serta lapas perempuan dan anak-anak yang juga berada di Kendari,” jelasnya. (cr5/iis)

To Top