Ekspose Setahun Pemerintahan Abu Hasan-Ramadio – Berita Kota Kendari
Headline

Ekspose Setahun Pemerintahan Abu Hasan-Ramadio

DARSO/BKK
Abu Hasan saat memaparkan visi, misi, dan program pembangunan lima tahun, serta beberapa capaian selama setahun kepemimpinannya.

Kepemimpinan Drs H Abu Hasan MPd – Ramadio SE di Kabupaten Buton Utara (Butur) genap berumur setahun, Kamis (16/2). Abu Hasan dan Ramadio resmi dilantik oleh Gubernur H Nur Alam sebagai pasangan bupati dan wakil bupati defenitif kedua di daerah yang berslogan Lipu Tinadeakono Sara ini, 16 Februari 2016 lalu.

Dalam rangka memperingati perjalanan kepemimpinannya, Abu Hadan dan Ramadio menggelar ekspose pembangunan di hadapan anggota DPRD, tokoh masyarakat, perempuan, dan pemuda, serta jajaran Pemkab Butur, di di Aula Bappeda Butur, Kamis (16/2).

Menurut Abu Hasan ekspose sebagai bentuk transparansi kepada masyarakat dalam menjalankan roda pemerintahan satu tahun terakhir. Tentunya, selama kurung waktu satu tahun, sudah banyak hal-hal yang dilakukan untuk mencapai apa yang menjadi visi misi pemerintahan saat ini yakni terwujudnya masyarakat aman, berbudaya dan relegius menuju Buton Utara yang maju dan sejahtera.

Dijelaskan, Abu Hasan, pembangunan ialah peristiwa sejarah. Pembangunan disebutkan sejarah karena jelas terjadi, jelas pelakunya dan jelas peristiwanya. Oleh karena dimensi pembangunan adalah dimensi sejarah yang harus diakui dan tidak bisa dipisahkan. Kesadaran sejarah inilah yang akan ingin di internalisasi untuk seluruh masyarakat Butur.

“Pola pembangunan terarah dari visi misi yang dicanangkan. Visi inilah yang harus diingat sebagai mimpi pemerintah yang akan nantinya menjadi penjabaran pembangunan hingga lima tahun kedepan,” kata Abu Hasan.

Dalam kurun waktu satu tahun tersebut, pembangunan infrasturuktur dasar mulai terlihat. Khususnya pengaspalan jalan dan pembangunan jembatan yang dialokasikan dalam Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Untuk tahun 2016 sepanjang 93 kilo meter jalan berhasil diaspal. Tak hanya itu,  7 jembatan penghubung berhasil dibangun di daerah-daerah pelosok pedesaan untuk memudahkan masyarakat setempat mengakses wilayah tetangga.

Bukan hanya itu, Abu Hasan- Ramadio juga telah melakukan terobosan baru untuk meningkatkan kulaitas sumber daya manusia (SDM) putra daerahnya melalui sektor pendidikan. Tak tangung-tangung, menggolontorkan anggaran miliaran rupiah untuk membiayai putra daerah yang berprestasi dan tak mampu untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Pasangan pemimpin yang bertagline ABR ini paham betul,  kesejahteraan sejalan dengan kuliatas pendidikan seseoerang.

“Pembangun Buton Utara harus melalui sektor pendidikan yang berkualitas. Putra daerah harus diberikan kesempatan untuk mengenyam pendidikan yang layak dan berkualitas,”terang.

Selain dua sektor tersebut, Abu Hasa-Ramadio juga gencar menyelenggarakan kegiatan keagamaan untu mewujudkan Buton Utara menjadi daerah relegius. Tak segan-segan mantan Karo Humas itu memerintahkan seluruh kepala satuan kerja perangkat daerahnya untuk aktif shalat berjamaah di Masjid terdekat. Bahkan, Pemda Butur kini mencanangkan pembangunan musalah diseluruh SKPD. “Kami juga mencanangkan membangun rumah adat. Nantinya, sekaligus menjadi rumah Alquran,” ujarnya.

Selain itu, Abu Hasan-Ramadio juga sejak awal dilantik sudah mempunya rencana untuk membuat kebijakan peningkatan keagamaan dalam birokrasinya, dengan mengintruksikan setiap kepala dinas dapat membina satu Masjid.

Pada sektor keamanan, Abu Hasan-Ramadio mengklaim Butur dalam komdisi aman dan terkendali. Sebagai bentuk kemitraan pihaknya menggandeng penegak hukum untuk gencar melakukan razia minuman keras yang menjadi pemicu terjadinya masalah ditengah-tengah masyarakat.

Meskipun demikian dengan sudah adanya aktion pembangunan infrastruktur dan gencar melakukan terobosan baru untuk mewujudkan Buton Utara Aman, Berbudaya dan Relegius dalam  setahun terakhir. Pria berkacamata itu tak menampik, masih banyak tugas dan tanggung jawabnya yang harus dilakukan ditahun mendatang bersama Ramadio. “Pembangunan yang belum terealiasasi tahun sebelumnya. Insya Allah akan dilanjutkan tahun mendatang. Program bakal direalisasikan benar-benar menyentuh kebutuhan masyarakat Kabupaten Buton Utara,” imbuhnya. (cr10)

To Top