Berkas Ketua KPU Konsel Dilimpahkan ke JPU – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Berkas Ketua KPU Konsel Dilimpahkan ke JPU

Kasiintel Kejari Andoolo, Ramadan SH MH

Andoolo, BKK – Berkas  kasus korupsi mobil rental fiktif Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konsel, Jabal Nur telah diserahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Penyidik Kejari Andoolo menyerahkan berkas ketua KPU Konsel pekan lalu tepatnya pada tanggal 9 Februari 2017 ke JPU untuk disidangkan. Hal ini disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari)  Konsel melalui Kepala Seksi Intelejen (Kasintel) Ramadan SH MH

Ramadan yang juga perna bertugas sebagai Kasi Pidum Kejari Seram bagian Barat Maluku itu menjelaskan, pada hari ini  sidang perdana ketua KPU Konsel telah digelar yaitu sidang pembacaan surat dakwaan yakni Ketua KPU Konsel Jabal Nur didakwa melanggar pasal 2 dan 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara di Pengadilan Tipikor Kendari.

“ini dilakukan setelah penahanan pada 25 Januari lalu bersama Dua rekannya yaitu Sutamin Rembasa dan Yusran,” tambahnya

Dia mengatakan berkas Kedua Komisioner tersebut juga sudah dalam proses perampungan. “Insya Allah pekan depan penyidik sudah akan melimpahkan ke JPU untuk disidangkan,” terangnya

Ramadan juga mengatakan proses persidangan perdana ketua KPU Konsel berjalan cukup aman lancar. Dan kemungkinan, lanjut dia, untuk sidang berikutnya terdakwa melalui penasehat hukumnya akan mengajukan eksepsi.

“Itu sah-sah saja, itu adalah hak terdakwa yang telah di atur dalam KUHAP, ” jelasnya.(cr13/lex)

To Top