Beasiswa Pemda Konkep Hanya untuk Mahasiswa di PT Terakreditasi – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Beasiswa Pemda Konkep Hanya untuk Mahasiswa di PT Terakreditasi

HUSAIN/BKK
Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Konkep, Drs Muh Yani di ruang kerjanya, Kamis (16/2).

LANGARA, BKK – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Kepulaun (Konkep) telah mengalokasikan biaya pendidikan sebesar enam miliar yang diperuntukkan bagi mahasiswa berprestasi maupun mahasiswa tidak mampu se-Pulau Wawonii. Hanya saja,  penerima biaya pendidikan gratis tersebut hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi (PT) terakreditasi.

Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan (PK) Konkep, Drs Muh Yani menjelaskan, pemberian beasiswa tersebut bertujuan untuk membantu generasi muda yang ingin menuntut ilmu dengan harapan setelah selasai bisa kembali mengabdikan diri untuk membangun daerah Konkep.

“Kita bantu mereka (Mahasiswa, red) untuk menyelasaikan studi ke jenjang yang paling tinggi, setelah selesai (kuliah) kita harap mereka kembali ke sini (Konkep) untuk membangun daerah. Namun, kalau mereka menuntut ilmu di PT yang tidak terakreditas, tentu beasiswa yang kita berikan akan sia-sia karena jasa mereka tidak akan terpakai karena kampusnya tidak terakreditas, dan itu yang menjadi salah satu pertimbangan untuk tidak memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang kuliah di PT yang tidak terakreditas,” katanya.

Mantan Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Wawonii Tengah ini menjelaskan, pemberian beasiswa bagi mahasiswa yang berasal dari Konkep tersebut dibagi menjadi dua yakni beasiswa prestasi dan beasiswa tidak mampu.

“Beasiswa prestasi kita berikan untuk mahasiswa yang dinilai cerdas atau berprestasi, syaratnya harus miliki standar IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) minimal 3,0. Kalau beasiswa tidak mampu itu tidak pakai syarat IPK baik S1, S2 maupun program Doktor atau S3,” jelasnya.

Muh Yani menambahkan, di Februari ini, Pemda Konkep melalui Dinas PK setempat akan membuka pendaftaran bagi mahasiswa yang akan menerima beasiswa tahun 2017.

“Panitia seleksinya sudah dibentuk, Insya Allah bulan dua ini (Februari) akan dibuka pendaftaran calon penerima beasiswa. Jadi bagi mahasiswa yang berminat silahkan lengkapi berkasnya untuk melakukan pendaftar nanti,” katanya. (cr9/nur)

To Top