Bangun Kantin Cerdas, Unsultra Kembangkan Karakter Wirausaha – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Bangun Kantin Cerdas, Unsultra Kembangkan Karakter Wirausaha

FOTO – Rektor Unsultra, Prof Andi Bahrun (kiri kemeja hitam) saat berada di kantin cerdas, Kamis (16/2)

KENDARI, BKK-  Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) tidak henti-hentinya memberikan inovasi dalam pengembangan di segala lini demi menciptakan perguruan tringgi  yang mempunyai  karakter, daya saing di dalam membangun generasi penerus bangsa yang baik. Salah satunya dengan  memberikan pelayanan secara prima kepada masyarakat maupun civita di kampus itu sendiri.

Saat ini pun pihak Unsultra berupaya selalu menuangkan inovasi bisnis kreatif untuk kemajuan kampus itu sendiri. Salah satunya dengan membuka unit usaha kampus seperti kantin cerdas dan tempat foto copy.

Rektor Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra), Prof Andi Bahrun mengatakan, kantin cerdas itu akan menjadi bisnis center usaha untuk kampus Unsultra yang diharapkan menjadi sumber pendapatan  kampus.

“Ini bagian dari pelayanan, harus betul-betul diisi kreatifitas. Jika usaha yang dijalankan berkembang dan menguntungkan, bisa meningkatkan kesejahteraan staff dan karyawan,” terang Prof Bahrun yang ditemui usai  mencicipi makanan di kantin cerdas Unsultra, Kamis (16/2).

Dikatakannya, keberadaan kantin tersebut sengaja digandengkan dengan perpustakaan. Hal ini dilakukan tidak lain hanya untuk menghidupkan kembali perpustakaan yang ada di kampus swasta tersebut.

“Impian saya, suatu waktu mahasiswa maupun masyarakat bisa minum kopi sambil membaca di sini,” ungkapnya.

Ia membeberkan, selain menfasilitasi pegawai dan staf untuk menjalankan bisnis, pihaknya juga berencana untuk membantu mahasiswa dalam berwirausaha.

“ Saya akan kembangkan lagi untuk mahasiswa  di sebelah kanan perpustakaan, sebagai land center bagi mahasiswa yang ingin belajar bisnis,” paparnya.

Ia menuturkan, mahasiswa nantinya bisa membuka usaha seperti tempat cukur, usaha kuliner, ATK dan tempat foto copy. Namun, hal ini akan dibicarakan terlebih dahulu kepada mahasiswa yang ingin bergabung.

“ Siapa yang berminat kami siap memfasiltasi dan akan dimodali,” ungkapnya.

Mahasiswa yang nantinya dinilai sudah berpengalaman, tambahnya, akan diganti dengan mahasiswa lain, sehingga diharapkan setelah mendapatkan ilmu kewirausahaan, mahasiswa yang bersangkutan bisa membuka usaha secara mandiri.

“Ini harus berkesinambungan karena akan menjadi sumber pendapatan mahasiswa maupun staff. Saya yakin ini akan berkembang, ada impian saya di Unsultra ada pusat perbelanjaan, swasta itu bebas kok,” tutupnya. (p12/nur)

To Top