Rasak-Haris Juga Klaim Menang – Berita Kota Kendari
Headline

Rasak-Haris Juga Klaim Menang

Abdul Rasak – Haris Andi Surachman didampingi sejumlah timnya saat melakukan konprensi pers soal hasil pilwali.

KENDARI, BKK – Meski beberapa lembaga survei yang melakukan perhitungan cepat menyatakan pasangan calon (paslon) Adriatma Dwi Putra-Sulkarnain (ADP-Sul) memenangkan pertarungan Pemilihan Wali (Pilwali) Kota Kendari, namun hal itu dinilai kubu Abdul Rasak-Haris Andi Surahman hanya klaim semata.

Sebab berdasarkan hasil perhitungan real count yang dilakukan tim Samudra, posisi paslon Rasak-Haris berada di urutan pertama, disusul ADP-Sul dan terakhir Zayat-Syahriah.
Meski baru 76,03 persen suara yang masuk namun menggambarkan posisi Rasak-Haris teratas yakni 43,29 persen, ADP-Sul 36,58 persen dan Zayat-Syahriah 20,13 persen berdasarkan data C1 yang dikumpulkan tim.

“Untuk sementara kita masih berada pada posisi teratas dan berdasarkan perhitungannya kita yang menjadi pemenang dengan suara hingga 43,29 persen dari 76,03 persen suara yang telah masuk,” terang Yusran Taridala Juru Bicara Abdul Rasak Haris saat menggelar konferensi pers di kediaman Abdul Rasak Kelurahan Abeli Kecamatan Abeli Kota Kendari, Rabu (15/2) pukul 18.00 Wita.

Ia menjelaskan, meski pada posisi menang paslon Rasak-Haris belum melakukan konvoi seperti paslon lainnya dikarenakan perhitungan yang masuk belum secara total sekaligus untuk menghindari terjadinya konvoi palsu.

“Meski dari perhitungan sementara kita sudah menang, tetapi kita tidak boleh gegabah jadi kita pastikan dulu, kalau sudah jelas, besok kita akan konvoi,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua tim pemenangan Rasak Haris, Masyur Masie Abunawas mengucapkan sangat berterima kasih atas dukungan yang diberikan masyarakat Kota Kendari sehingga pada pertarungan ini bisa dimenangkan paslon Rasak-Haris.

“Saya sangat berterima kasih atas dukungan semua masyarakat, karena perjuangan kita tidak sia-sia, dimana paslon Rasak-Haris bisa menang,” ungkapnya.

Dalam konferensi pers itu juga, Abdul Rasak menambahkan, berdasarkan total suara yang masuk maka paslon nomor urut 1 menang tanpa ada cacat prosedur, karena semua tahapan dilewati sesuai mekanisme. Untuk itu, suara yang telah ada, mesti dikawal dengan baik hingga ke KPU agar kemenangan yang didapatkan tidak berubah.

“Kita menang sesuai mekanisme dan untuk itu kami akan mengawal semua hasil pemilihan ditiap TPS dengan benar agar kemenangan itu tetap terjaga,” tambahnya.

Setelah usai konferensi pers, Bupati Konawe, Keri Kongguasa turut hadir di kediaman Abdul Rasak dan menyampaikan beberapa hal. Ia mengatakan, kehadirannya di kediaman Abdul Rasak karena dia yakin paslon Rasak-Haris memenangkan pertarungan Pilwali Kota Kendari.

“Saya kesini dengan wajah gembira, karena saya yakin Rasak-Haris menang,” katanya di hadapan beberapa media.

Terkait soal hasil perhitungan real count, lanjut dia, yang dilakukan dibeberapa tempat itu tidak menjamin, karena pada perhitungan itu ada data erornya, ditambah perolehan suara yang tidak jauh beda, tentu itu tidak dapat dijadikan referensi.

“Hasil perhitungan itu belum tentu akurat jadi jangan klaim atau langsung konvoi, jangan sampai nanti kalah. Apalagi ada beberapa tempat yang saya lihat terjadi pelanggaran, itu tentu jadi persoalan,” tukasnya.

Ia juga menegaskan, jika pada akhirnya nanti bukan Rasak-Haris yang dinyatakan menang maka kemungkinan gugatan akan ada, tetapi itu akan disesuaikan juga dengan prosedur yang berlaku sesuai amanah undang-undang.

“Kita lihat aturannya seperti apa, kalau bisa kita lakukan gugatan maka pasti Rasak akan lakukan gugatan, namun itu jika nanti diumumkan kita kalah,” pungkasnya.(cr5/lex)

To Top