Kasuistika

Polres Konawe Gelar Operasi Imbangan

UNAAHA, BKK- Kepolisian Resor (Polres) Konawe menggelar Operasi Cipta Kondisi, , Selasa (14/2), malam jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 15 Februari 2017. Dipusatkan di depan Kantor Dolog Kelurahan Tuoy.

Sebanyak 104 anggota digerakkan dalam operasi menjaga stabilitas dan mobilisasi massa menuju dua daerah pilkada, yakni Kota Kendari dan Kabupaten Bombana.

“Konawe kan daerah lintasan atau transit, menuju dua daerah di daratan yang menyelenggarakan pilkada. Jadi, usaha kita melakukan operasi imbangan mencegah kemungkinan adanya mobilisasi masa besar-besaran,” kata Kapolres Konawe Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Jemi Junaidi, di lokasi.

Dikatakan, selain mobilisasi massa, target lain dalam operasi tersebut yakni senjata tajam (sajam), bahan peledak (handak), sabu-sabu, dan dokumen kendaraan.

Kendaraan tersebut baik roda dua maupun roda empat digeledah bagasinya serta barang bawaan yang mencurigakan.

Termasuk kelengkapan kendaraan dan pengendara atau pengemudi.

“Ada beberapa temuan dari hasil operasi ini, yakni sajam dan beberapa pengendara juga ada yang tidak lengkap surat-suratnya. Sehingga kita lakukan penindakan. Sedangkan yang lainnya kita anggap aman,” tuturnya.

Menurutnya, operasi ini salah satu upaya meminimalisasi tindak kriminalitas jelang pilkada. Dan, ia melanjutkan, target utama adalah pergerakan massa.

Ia menambahkan, operasi tersebut akan terus digelar, namun sifatnya tentatif, di seluruh polsek-polsek, sampai habis masa pilkada digelar.

“Personel ada yang kita kirim sebagai BKO (bantuan kendali operasi) berjumlah 30 orang di Kota Kendari. Dan 55 di Kabupaten Bombana. Dan, anggota kita yang bertugas di dua daerah itu akan membantu mengawal pengamanan jalannya pilkada sampai selesai tahapan penyelenggraanya,” jelasnya. (r4/iis)

To Top