Masyarakat Konkep Butuh Bantuan Penyuluh Pertanian – Berita Kota Kendari
Aktualita

Masyarakat Konkep Butuh Bantuan Penyuluh Pertanian

HUSAIN/BKK
Anggota DPRD Konkep, Amran SPd

LANGARA, BKK – Masyarakat Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) khususnya di Kecamatan Wawonii Timur Laut butuh bantuan tenaga penyuluh pertanian demi meningkatkan kualitas pertanian yang kini menjadi salah satu penunjang ekonomi masyarakat di Pulau Wawonii.

Permintaan tersebut disampaikan oleh salah seorang Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konkep, Amran SPd usai melaksanakan reses di Kecamatan Wawonii Timur Laut belum lama ini.

“Mereka minta agar pemerintah menyiapkan tenaga penyuluh pertanian yang bisa meningkatkan hasil produksi (pertanian) mereka, mereka ingin memperdalam pengetahuan dan pengalaman bercocok tanam baik tanaman jangka pendek seperti jagung maupun jangka panjang seperti cengkeh, kelapa, jambu dan sebagainya,” katanyan.

Lebih lanjut Amran menjelaskan bahwa demi meningkatkan kualitas petani di Pulau Wawonii, Pemerintah Daerah (Pemda) setempat harus betul-betul merekrut tenaga penyuluh yang profesional, jangan merekrut tenaga penyuluh yang tidak memiliki kemampuan lebih di bidang pertanian.

“Tapi harus profesional, betul-betul punya kemampuan lebih dibidang pertanian, jangan asal ada, tapi saya kira sesuai visi misi Bupati dan juga niat yang tulus untuk membangun Wawonii, Saya kira Bupati pasti merespon ini (Penyuluh Pertanian) demi membangun Konawe Kepulauan ini,” katanya.

Selain membutuhkan tenaga penyuluh pertanian, berdasarkan hasil reses masa sidang ke tiga, masyarakat juga berharap agar pemerintah membenahi sarana dan prasarana yang ada terutama pembenahan Masjid Desa.

“Terutama masyarakat di Desa Noko, Mata Bubu dan Dimba, mereka harap perhatian pemerintah untuk pembangunan mesjid desa, dan juga sarana lainnya seperti balai desa air bersih dan lainnya,” katanya.

Terkait masalah tersebut, Sebelumnya Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Konkep, H Tahrir SP MMA mengatakan bahwa tahun ini akan mengaktifkan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di masing-masing kecamatan termasuk penyiapan alat-alat pertanian dan tenaga penyuluh.

“Tahun ini akan kita aktifkan Balai Penyuluhan termasuk pembangunan demplot termasuk tenaga penyuluh pertanian, jadi masyarakat yang ingin melakukan percobaan misalnya penanaman pemupukan dan lain sebagainya tinggal melakukan di demplot dan dibimbing oleh petugas yang telah kita tugaskan di Kantor BPP masing-masing kecamatan,” katanya. (cr9)

To Top