Klaim Menang, Pendukung dua Paslon Pilkada Bombana Konvoi. – Berita Kota Kendari
Suksesi

Klaim Menang, Pendukung dua Paslon Pilkada Bombana Konvoi.

Pendukung pasangan Bertahan saat melakukan konvoi usai perhitungan suara
Foto: Ridha/BKK

RUMBIA,  BKK – Pasca selesainya pencoblosan dan perhitungan suara di tingkat Kelompok Penyelenggaraan Pemungutan Suara (KPPS),  dua kubu pendukung  pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Bombana yang sama-sama mengklaim memenangi pilkada, langsung menggelar konvoi.

Pendukung nomor urut 1, Kasra J Munara-Man Arfah (Berkah) mengawali konvoi dari posko utama yang terletak di kelurahan Kasipute tepatnya di depan kantor DPRD setempat sekitar pukul 16.30 hingga pukul 20.30 Wita. Sementara di pihak pasangan nomor urut 2, Tafdil-Johan (Bertahan),  ribuan massa pendukungnya juga melakukan aksi yang sama di sejumlah titik jalan yang ada di ibukota daerah penghasil emas itu.

Koordinartor pemenangan tim paslon nomor urut 2, Andi Firman mengklaim jika pasangan Bertahan unggul dua persen lebih dari paslon Berkah. Menurutnya,  perolehan suara diperoleh dari formulir C1 dimasing-masing TPS yang tersebar di tiga wilayah yang ada di Bombana.

“Hasil ini kami ambil dari formulir C1 yang tersebar di 326 TPS yang ada di seluruh kecamatan yang ada melalui saksi kami yang ada si TPS. Kami menang sampai 2,4 persen, ” ungkap Andi Firman.

Katanya,  kemenangan ini diperoleh berkat kerjasama antara tim pemenangan yang baik, mulai dari desa,  kecamatan hingga ibukota.

“Jadi kemenangan ini tidak terlepas dari kerjasama tim yang baik termasuk dukungan masyarakat Bombana yang puas dengan kepemimpinan H Tafdil selama memimpin Bombana selama lima tahun terakhir,” terang ketua DPRD Bombana ini.

Di pihak pasangan Berkah juga mengkalim memenangi pertarungan. Menurut Kasra, perhitungan real count yang dilakukan timnya, dirinya memperoleh kemenangan tipis atas lawannya yakni 51,35 persen.

“Jadi intinya kita menang dalam pertarungan ini. Survei terakhir kami,  masih unggul jauh yakni 56 persen,  namun hasilnya meleset.  Meski begitu kita tetap unggul dan Insya Allah menjadi pemenang,” ungkap Kasra.

Dikonfirmasi soal saling klaim kedua kubu pendukung paslon yang bertarung ini,  Ketua KPU Bombana, Arisman mengatakan,  pemungutan suara yang baru dilaksanakan, Rabu (15/2), hasilnya tentu belum dapat langsung dipastikan. Sebab, data formulir C1 dari tiap TPS belum ada.

“Data formulir C1 dari masing-masing TPS belum kita pegang,  jadi belum ditau bagaimana hasil pastinya.  Kita masih menunggu staf yang melakukan monitoring di lapangan, ” terang Arisman.

Sementara itu,  anggota KPU Sultra Tina Dian Ekawati Taridala mengatakan,  proses pelaksanaan pemungutan suara di Kabupaten Bombana berlangsung tertib.

Kendati demikian, dari hasil pantauannya, beberapa TPS dianggap masih kurang memadai. Kondisi ini terjadi karena saat hujan turun,  atap sejumlah TPS mengalami kebocoran.

“Saya berharap kondisi semacam ini dapat diantiaipasi ke depan, ” katanya.

Soal hasil Pilkada Bombana, Tina mengatakan semua pihak sebaiknya menunggu ketetapan dan hasil pleno KPU setempat. (r2/nur)

To Top