“Kawal Suara, Jangan Buat Gaduh” – Berita Kota Kendari
Headline

“Kawal Suara, Jangan Buat Gaduh”

Saat paslon ADP-Sul menggelar konferensi pers di Hotel Zahra. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Setelah mendapatkan informasi baik dari tim pengusung maupun berdasarkan perhitungan cepat, bahwa pasangan Adriatma Dwi Putra-Sulkarnain (ADP-Sul) memperoleh suara tertinggi dibanding calon lain, ADP bersama pasangannya langsung menggelar conprensi pers di Hotel Zahra Kendari.

Wali Kota terpilih, ADP mengatakan proses demokrasi pemilihan Wali Kota (pilwali) sudah selesai, untuk itu dirinya mengajak seluruh massa pendukungnya untuk tetap tenang mengikuti hasil hitung cepat yang hari ini sementara berlangsung. Namun lanjutnya, tempat pemungutan suara (TPS) yang telah masuk sebanyak 509 TPS atau 97,88 persen.

“Harapan kami kepada seluruh sahabat-sahabat ADP-Sul, untuk tetap tenang sembari menunggu proses rekapitulasi tingkat Kecamatan sampai pleno di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari,” ungkapnya Rabu (15/2).

Ia juga meminta, kepada seluruh massa pendukungnya untuk selalu menjaga, tidak membuat gaduh, dan tidak saling mengejek atau menghina, baik calon lain maupun pendukung calon lain.

“Sering saya katakan bahwa pesta demokrasi ini adalah sebuah perlombaan untuk memajukan daerah kita yakni Kota Kendari, bukanlah sebuah pertarungan atau arena untuk saling berselisih paham,” paparnya.

Sementara itu, Ketua DPD PAN Kota Kendari, Asrun mengaku berterima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Kendari, yang telah memberikan kepercayaan kepada paslon yang diusungnya.

“Kami sangat berterima kasih kepada warga Kota Kendari yang telah memberikan kepercayaan kepada kami, semoga amanah yang telah diberikan dapat menjadikan Kota Kendari jauh lebih maju,” katanya.

Ketua Tim Pemenangan Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota ADP-Sul, Samsuddin Rahim, mengatakan kemenangan yang diraih merupakan kerja keras semua tim.

“Oleh karenanya kami sangat puas dengan hasil perolehan suara yang telah dicapai oleh paslon yang kami usung,” ujarnya.

Seperti dalam hitungan cepat melalui real count Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Halu Oleo (UHO), ADP-Sul berhasil meraih sura terbanyak yakni Adriatma Dwi Putra dan Sulkarnain, yakni memperoleh 41,13 persen atau 61.809 suara pemilih.

Di urutan kedua Abdul Rasak dan Haris Andi Surahman dengan jumlah perolehan suara 37,21 persen atau 55.915, dan urutan ketiga Muh Zayat Kaimoeddin dan Suri Syahriah Mahmud dengan perolehan 22,54 persen atau 33.870 suara.

Hasil real count ini diumumkan secara resmi Dekan FISIP UHO, Dr Bachtiar didampingi Dr Muh Najib Husain dan Dr Eka Suaib pada pukul 17.00 Wita.

Bachtiar menjelaskan metode yang digunakan dalam real count ini adalah sensus, yakni mengambil data di seluruh TPS (520 TPS) dengan cara setiap mahasiswa mengambil data pada dua TPS yang telah disiapkan blangko isian dan ditandatangani serta distempel oleh KPPS, sehingga data tersebut dijamin keakuratannya.

” keputusan siapa yang akan menjadi Walikota Kendari periode 2017-2022 menjadi otoritas KPU Kota Kendari, berdasarkan hasil pleno rekapitulasi Perolehan suara di semua TPS”. ujarnya saat membacakannya diruang aula FISIP.

Real count adalah metode hitung cepat yang dilakukan pada semua TPS, yakni 520 TPS yang tersebar di 64 kelurahan dan 10 kecamatan, dan kami sepenuhnya menggunakan mahasiswa dan mahasiswa yang kami sebar sebanyak 260 mahasiswa, ujarnya dengan serius.

Menurut Bachtiar, pihaknya menyelenggarakan real count sebagai bentuk partisipasi kampus dalam menjalankan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Kami independen, tidak berafiliasi pada pihak mana pun,” jelasnya.

Sementara dosen Ilmu Politik FISIP UHO, Dr Eka Suaib menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk partisipasi akademik yang perama kali diselenggarakan, sehingga tidak tertutup kemungkinan ke depan masih melakukan kegiatan serupa, tuturnya sambil keluar dari aula.

Dosen Komunikasi Politik FISIP UHO, Dr Muh Najib Husein menjelaskan dengan hasil real count ini sekaligus dapat dijadikan kontrol bagi penyelenggara dalam mengawal perjalanan rekapitulasi dan tabulasi suara, tutupnya. (p12-cr6/lex)

Selengkapnya hasil rekapitulasi suara real count FISIP UHO sebagai berikut:
Kecamatan        Abdul Rasak- Haris     ADP-Sul        Muh Zayat-Suri Syahriah

Kendari                           4.307                   5.372                        4.567
Kendari Barat                7.116                 10.128                         4.256
Mandonga                      5.349                  9.019                          3.735
Puuwatu                         6.581                  7.006                          3.249
Kadia                              6.072                  7.356                           4.069
Wua Wua                       5.532                  5.870                          2.628
Baruga                           4.458                  4.857                           2.002
Kambu                           3.487                  3.713                           2.565
Posia                              5.971                   4.223                          4.442
Abeli                              7.042                   4.265                          2.357
   55.915                61.809                        33.870

To Top