Dana Kampanye Tidak Transparan – Berita Kota Kendari
Beranda

Dana Kampanye Tidak Transparan

Najib Husain

KENDARI, BKK– Dana kampanye tujuh pasangan calon (paslon) peserta pemilihan kepala daerah (pilkada) di Sulawesi Tenggara (Sultra) belum diumumkan ke publik.

Kondisi ini disayangkan pengamat politik  Dr Najib Husain. Sebagai bentu transparansi, kata dia, sesuai aturan wajib diumumkan.

Tentu akan timbul pertanyaan dari masyarakat mengenai berapa banyak dana kampanye yang dipakai paslon dalam Pilkada 2017 ini.

“Dana kampanye paslon harus kita ketahui, agar kita bisa melihat berapa penggunaan anggaran yang dipakai. Hal ini memberikan referensi masyarakat mengenai dana kampanye yang dipakai berjalan secara positif atau berjalan secara negatif,” papar Najib, Rabu (15/2).

Termasuk dari mana sumbernya, menurut dia, itu tidak kalah penting.

“Setahu saya, dana yang dikeluarkan itu wajib diinformasikan ke publik sebelum dimulainya pesta demokrasi, dan itu merupakan laporan awal untuk pengawasan di masyarakat bahwa seperti ini dana yang digunakan,” katanya.

Ia mencontohkan, Pilkada DKI Jakarta di mana dana kampanye yang dikeluarkan pada saat kampanye itu sudah dapat dipublis ke masyarakat sebelum pemilihan. (p12/iis)

To Top