Damri Rute Kulisusu Utara-Kendari Segera Beroperasi – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Damri Rute Kulisusu Utara-Kendari Segera Beroperasi

BURANGA, BKK – Dinas Perhubungan Kabupaten Buton Utara (Butur)  Kabar gembira bagi masyarakat Buton Utara (Butur) segera mengoperasikan satu Damri untuk melayani rute Kulisusu – Kendari yang bakal melalui rute Kulisusu Utara (Kulut)- menuju pelabuhan kapal Fery Labuan Kecamatan Wakorumba Utara. Terobosan ini sekaligus untuk mengakomodir penumpang yang kerap tak termuat akibat masih minimnya jumlah Damri yang beroperasi.

Tingginya animo masyarakat Butur menggunakan transportasi darat untuk mengunjungi Kota Kendari kian meningkat dari tahun ke tahun.  Sehingga Dishub Butur ditahun ini kembali membuka rute baru yang akan dilalui  Damri.

” Nantinya, akan beroperasi melayani masyarakat Kecamatan Kulisusu Utara mengunjungi Kota Kendari. Insya Allah dalam waktu dekat segera beroperasi,”kata Kepala Dinas Perhubungan Butur Muh Hanafi saat ditemui di ruang kerjanya,  Selasa (14/2).

Dijelaskannya, pelayanan Damri kini menjadi alternatif utama masyarakat Butur untuk berkunjung ke Kota Kendari. Melihat hal itu, tahun 2017 ini Dishub kembali mengusulkan tambahan Damri baru sebanyak dua buah. “Satu untuk melayani rute Ereke-Ronta-Kendari. Sedangkan satu Damri lainnya akan melayani rute Kulut-Kendari,”tuturnya.

Menurut Hanafi, meningkatnya grafik masyarakat  Butur mengunjungi Kendari disebabkan mudahnya akses jalur darat, setelah  beroperasinya  Fery Labuan-Amolengo. Dengan adanya kapal Fery tersebut, banyak masyarakat Butur memilih menggunakan Damri ke Kendari, karena harga tiket Damri terbilang murah dibandingkan menggunakan transportasi umum.

“Sewa Damri rute Butur-Kendari hanya Rp 120 ribu, masyarakat Butur  telah bisa mengunjungi Kendari. Terbilang, sangat murah dibandingkan transportasi lainnya okosnya diatas itu,”imbuhnya.

Hanafi mengungkapkan, saat ini baru ada dua mobil Damri yang beroperasi, dan dianggap dua armada mobil Damri itu masih kurang.”Makanya perlu adanya penambahan Damri, idealnya harus ada empat mobil Damri yang beroperasi,”pungkasnya.(CR10)

To Top