Sudah 14 Hari, Layanan Kependudukan Kendari Lumpuh Total – Berita Kota Kendari
Beranda

Sudah 14 Hari, Layanan Kependudukan Kendari Lumpuh Total

KENDARI, BKK – Sudah genap 14 hari, jaringan jaringan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari tak kunjung terhubung dengan pusat, menyusul pemutusan jaringan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sejak 30 Januari lalu.

Berbagai langkah telah diambil oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari agar jaringan SIAK tersebut dapat kembali normal.

Bahkan, Pemkot Kendari sudah memerintahkan Pelaksana Tugas (Plt) Disdukcapil Kendari untuk membawa secara langsung surat ke Kemendagri, agar jaringan SIAK antara Disdukcapil Kendari dengan Kemendagri bisa diaktifkan kembali.

Saat ditemui Senin (13/2), Plt Disdukcapil Kendari H Halili mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan kapan jaringan tersebut akan kembali normal.

“Sebab, yang melakukan pemutusan adalah pusat,” kata Halili.

Disebutkan, putusnya jaringan ini sangat mengganggu pelayanan publik.

Hingga kini, ungkap dia, pelayanan kependudukan lumpuh total.

Padahal, banyak sekali masyarakat yang datang untuk menanyakan hak-haknya untuk dilayani.

“Kami juga tidak bisa memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat, karena jaringan SIAK ini dikontrol langsung oleh pusat, yang hingga kini belum dapat terkoneksi ke kami sebagaimana mestinya,” terangnya.

Sebenarnya, beber dia, pihaknya sudah konsultasi langsung ke Kemendagri.

“Kami harap jaringan SIAK ini dapat terkoneksi kembali dengan kami secepatnya, sehingga tugas kami untuk melayani masyarakat dapat dilakukan dengan baik,” ujarnya. (cr6/iis)

To Top