Sekda Konsel Imbau PNS Tetap Netral – Berita Kota Kendari
Suksesi

Sekda Konsel Imbau PNS Tetap Netral

Sekda Konsel, Ir Sjarif Sajang MSi

Andoolo, BKK – Menjelang pemungutan suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar besok, Rabu (15/2), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konsel secara tegas memberikan peringatan kepada sejumlah aparaturnya untuk tidak terlibat langsung dalam politik praktis.

“Saya imbau kepada seluruh PNS Konsel untuk tidak menggunakan atribut, apalagi terlibat kampanye dalam mendukung salah satu pasangan calon (Paslon). Itu tidak boleh dan jelas melanggar aturan Aparatus Sipil Negara (ASN),” tegas Sekretaris Daerah (Sekda) Konsel, Ir Sjarif Sajang MSi saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (13/2).

Dikatakannya, pelaksanaan pilkada memang bukanlah di Konsel namun tak dapat dipungkiri, jika PNS di daerah ini kebanyakan berdomisili di Kota Kendari yang tengah melaksanan pemilihan wali kota. Bagi abdi Negara tersebut, katanya, tentu haknya untuk memilih saat pemungutan suara tentu tetap diperbolehkan, namun bila ikut mengkampanyekan paslon tertentu maka itu jelas dilarang.

“Kalau hanya sebatas memiliki  hak pilih itu sah-sah saja karena kebetulan saja beberapa PNS itu ada di DPT. Jadi silahkan saja, asalkan jangan ikut kampanye dan menggunakan atribut. Kalau sudah mempengaruhi, maka itu jelas melanggar. Apalagi menggunakan mobil dinas,” jelasnya.

Mantan Kepala Dishub Kota Kendari ini pun menegaskan, jika ada PNS terbukti melanggar peraturan tersebut maka pihaknya tidak segan-segan untuk memberikan sanksi seuai aturan yang berlaku.

“Yang jelas kalau ada PNS Konsel yang terlibat langsung dan secara terang-terangan mempengaruhi untuk memilih salah satu paslon maka akan diberi sanksi,” tegasnya.

Adapun pemberian sanksi itu, lanjutnya, bisa saja berupa pemecatan. Tergantung dari jenis pelanggaran yang dilakukan.

“Tentu kita akan bekerja sama dengan Panwaslu. Kalau ada ditemukan nanti dan jelas pelanggarannya maka bisa saja dipecat,” imbuhnya.

Mengingat saat pemungutan suara pilkada besok adalah hari libur, tambahnya, maka PNS yang bertugas di Konsel diharap agar tidak menambah hari liburnya lagi.

“Setelah pemilihan, saya minta besoknya agar kembali berkantor sebagaimana biasa,” tandanya. (cr13/nur)

 

 

To Top