Masuk di Sekolah Ini Harus Hafal Alquran Minimal 10 Juz – Berita Kota Kendari
Beranda

Masuk di Sekolah Ini Harus Hafal Alquran Minimal 10 Juz

KENDARI, BKK – Kementerian Agama (Kemenag) Kendari bersama Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari menggelar sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendikia (MANIC) tahun ajaran 2017-2018.

Kepala Kantor Kemenag Kendari Samsuri mengatakan, Senin (13/2), sosialisasi dilakukan untuk mewujudkan lulusan yang berkarakter Islami, mandiri, berwawasan ke-Indonesiaan, kebangsaan, internasional, dan kemanusiaan.

Samsuri juga mengatakan, MANIC ini didirikan oleh Kemenag atas dasar kerjasama dengan Pemkot Kendari.

Kata dia, 2017 ini sekolah MANIC Kota Kendari akan menerima siswa sebanyak 96 calon anak didik. Ia melanjutkan, tahun lalu sudah menerima 65 siswa.

“Sekolah ini ada boording school. Penerimaan siswanya melalui sistem online dan mempunyai aplikasi internet,” ungkap Samsuri.

Masih kata dia, syarat siswa baru yang dapat diterima antara lain berprestasi di kelasnya, memiliki hafalan Quran 10-20 juz. Dan itu, terang dia, memiliki penilaian tersendiri.

“Selain itu kami juga menerima siswa yang kurang mampu, yang punya Kartu Program Indonesia Pintar (PIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), serta Program Keluarga Harapan (PKH). Kami tidak akan memungut bayaran dari peserta didik yang kurang mampu, mereka hanya mengikut tes saja,” ujarnya.

Samsuri menuturkan, MANIC digagas oleh BJ Habibie pada 1996, dengan harapan untuk menciptakan generasi bangsa indonesia yang memiliki iman dan taqwa, serta memiliki ilmu pengetahuan (iptek) yang tinggi.

Sementara itu, Kepala Dikmudora Kendari Makmur berharap semoga melalui sosialisasi ini, siswa yang diterima benar-benar siswa yang memiliki kemampuan lebih.

“Kami inginkan siswa yang terjaring di MANIC nantinya benar-benar siswa yang memiliki akhlak baik, yang dilengkapi dengan pemahaman agama yang baik pula,” harapnya. (cr6/iis)

To Top