Aktualita

Konkep Bertekad Raih Prestasi Terbaik di STQ Sultra

Pengukuhan dewan juri STQ II Tingkat Kabupaten Konkep oleh Bupati Konkep, Ir H Amrullah MT di Alun-alun TPI Langara, Senin (13/2). (HUSAIN/BERITA KOTA KENDARI)

LANGARA, BKK – Seleksi Tilawatil Quran (STQ) II Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) diharapkan dilaksanakan maksimal menuju STQ tingkat Provinsi Sultra, April mendatang di Kendari.

Bupati Konkep, Ir H Amrullah MT selain mengajak komponen terkait untuk menyukseskan STQ II Konkep demi menjadi yang terbaik di STQ tingkat Provinsi, Ia juga menyampaikan bahwa STQ sebagai ajang silaturahmi untuk membangun kebersamaan dan persaudaraan.

“STQ ini sebagai khazanah budaya religius, merupakan ajang silaturahmi untuk membangun kebersamaan, persaudaraan dan ukhuwah Islamiah. Melalui kesempatan ini juga saya mengajak seluruh komponen yang terlibat, mari kita sukseskan STQ kedua ini dengan harapan kita bisa menjadi yang terbaik di STQ tingkat Provinsi nanti,” ajaknya saat menyampaikan sambutan pembukaan STQ ke-2 Konkep di Alun-alun Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Langara, Senin (13/2).

Meski demikian, Amrullah juga berpesan kepada masyarakat Wawonii bahwa pelaksanaan STQ tersebut bukan sekadar menjadi juara saja, tetapi bagaimana menumbuhkan kecintaan terhadap Alquran.

“Menjadi juara tentu menjadi salah satu harapan kita, tetapi bukan itu yang menjadi tujuan utama kita dalam pelaksanaan STQ ini, mudah-mudahan dengan STQ ini tumbuh kecintaan kita terhadap Alquran sebagai sumber pokok ajaran sebagai umat muslim,” harapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Konkep, Hj Sitti Sulaeha Abas SPdI MPd menjelaskan bahwa kegiatan STQ kedua Konkep tahun 2017 ini dilaksanakan dengan menyelenggarakan sebanyak sembilan cabang lomba beberapa di antaranya yakni Hifzil Quran (1,5,10, 20 hingga 30 juz), Tafsir Quran, Tilawah dewasa dan anak-anak, Qiraat Murattal, Qasidah Rebana, dan Gambus Tradisional.

“Kalau gambus tradisional dan qasidah rebana sebenarnya tidak dilombakan di tingkat provinsi, tapi di sini (STQ Konkep) kita adakan untuk memeriahkan pelaksanaan STQ, tetapi tetap kita berikan hadiah,” katanya.

Lebih lanjut salah salah Qoriah terbaik Wawonii tersebut juga menyampaikan bahwa untuk jumlah peserta yag mengikuti lomba dalm STQ kedua Konkep tersebut sebanyak 126 peserta yang berasal dari 7 kafilah sesuai jumlah kecamatan yang ada di Konawe Kepulaun, yaitu Wawonii Barat sebagai tuan rumah, Wawonii Tenga, Wawonii Selatan, Wawonii Timur, Wawonii Tenggara, Wawonii Utara, dan Wawonii Timur Laut. (cr9)

To Top