Bupati Koltim Instruksikan Aparatnya Tanam Cabai – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

Bupati Koltim Instruksikan Aparatnya Tanam Cabai

Bupati Kolaka Timur, Tony Herbiansyah meninjau lokasi budidaya cabai di Kolaka Timur.

 

TIRAWUTA, BKK – Setelah mengeluarkan instruksi wajib salat berjamaah, Bupati Kolaka Timur (Koltim) Drs Tony Herbiansyah MSi kembali menginstrusikan kepada seluruh aparatur se-Kabupaten Koltim untuk menanam cabai rawit.

Instruksi ini sebagai tindak lanjut atas permintaan Menteri Pertanian untuk mencegah semakin melambungnya harga cabai. Saat ini harga cabai diperkirakan sudah menyentuh angka Rp 150 ribu per kilogram.

“Saya berharap, semua aparatur baik yang PNS maupun yang kontrak, untuk menanam cabai minimal 10 polybag per orang. Jadi, kalau per polybag bisa menghasilkan tiga kilo gram, maka untuk 10 polybag ini bisa menghasilkan 4,5 juta rupiah sekali panen,” beber bupati saat memimpin apel pagi, Senin (13/2) di halaman Kantor Bupati Koltim.

Dengan sekali panen per tiga bulan ini, lanjut Tony, maka setiap aparatur bisa menghasilkan 1,5 juta per bulannya. Dengan penghasilan tersebut, sejumlah kebutuhan bisa terpenuhi tanpa harus selalu bergantung dengan gaji atau honor dari kantor tempat bekerja.

“Jadi sebelum saya menyarankan kepada bapak ibu sekalian untuk mulai menanam, saya sendiri sudah  menanam duluan meskipun hanya empat hektare. Jadi saya harapkan semua harus mau menanamnya,” pinta Tony.

Tony meminta Kadis Pertanian dan Pangan Koltim untuk memberikan pemahaman tentang cara menanam cabai yang baik termasuk pengolahan pupuk organik untuk lebih meningkatkan hasil lebih maksimal  yang akan diperoleh,” kata Tony. (cr8)

To Top