Atasi Pengangguran Alumni, Faperta UHO Kerjasama dengan Perusahaan – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Atasi Pengangguran Alumni, Faperta UHO Kerjasama dengan Perusahaan

Laode Afa (foto madin)

KENDARI, BKK-  Semakin bertambahnya alumni perguruan tinggi yang menganggur, membuat pihak kampus baik negeri maupun swasta  mencari alternatif untuk menyelamatkan para alumninya yang belum memiliki pekerjaan. Upaya itu pun dilakukan  Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Halu Oleo (UHO).

Pembantu Dekan (PD) III Bidang Kemahasiswaan  Faperta UHO, La Ode Afa mengatakan, sebagai upaya untuk membuka lapangan kerja untuk para alumni di fakultasnya itu, pihaknya berkomitmen akan selalu membangun mitra kerjasama dengan  pihak perusahaan yang ingin membutuhkan tenaga kerja.

“Kami berupaya agar alumni Faperta  yang dihasilkan, senantiasa terserap oleh perusahaan, itulah yang kita inginkan,” terang La Ode Afa saat ditemui, Senin (13/2).

Belum lama ini, aku La Ode Afa, Faperta UHO telah menyelesaikan beberapa usulan kerjasama dengan perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan. Beberapa perusahaan pun, katanya,  sudah memberikan respon.

“Dalam waktu dekat ini ada perusahaan yang bergerak di bidang benih yang ingin merekrut alumni fakultas pertanian,” tandasnya.

Langkah kerja sama tersebut, lanjutnya, tahap awal pihak perusahaan melakukan sosialisasi terlebih dahulu mengenai profil perusahaannya, sembari melihat potensi dan keunggulan-keunggulan alumni yang dimiliki Faperta UHO. Mereka kemudian menjaring mahasiswa atau alumni yang memenuhi kriteria usahanya.

Namun, tambah La Ode Afa, alumni yang dihasilkan Faperta UHO mempunyai kualitas yang baik.

Pasalnya, saat proses perkuliahan mahasiswa ditunjang sejumlah fasilitas, seperti laboratorium lapangan  yang cukup mumpuni digunakan sebagai tempat praktek untuk menghasilkan tanaman yang berkualitas dengan teknologi yang ramah lingkungan.

“Dalam waktu dekat, perusahaan yang akan menjalin kerja sama dengan Faperta UHO adalah perusahaan BUMN yang notabene perusahaan plat merah,” akunya. (p12/nur).

To Top