Tersangka Korupsi PAUD, Tunggu Gelar Perkara – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Tersangka Korupsi PAUD, Tunggu Gelar Perkara

Janes Mamangkey (Rull/BKK)

KENDARI, BKK- Setelah usai dengan pemeriksaan saksi-saksi, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tenggara (Sultra) kini menunggu gelar perkara untuk menetapkan tersangka atas kasus dugaan korupsi bantuan sosial (bansos) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Baubau.

“Untuk penetapan tersangka atas dugaan kasus ini, kita masih menunggu dilakukannya gelar perkara,” terang Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Hubungan Masyarakat (Kasipenkumhumas) Kejati Sultra, Janes Mamangkey SH dikonfirmasi melalui telepon genggamnya, Minggu (12/2).

Ia menjelaskan, gelar perkara atas dugaan korupsi itu sendiri, rencananya akan dilakukan dalam waktu dekat, dimana kini pihaknya masih melakukan perampungan berkas.

“Gelar perkara kita akan agendakan minggu ini, namun hal itu disesuaikan dengan proses perampungan berkas oleh penyidik,” jelasnya.

Untuk nama tersangkanya sendiri, lanjut dia, penyidik Kejati Sultra sebenarnya telah mengantongi nama tersangka yang dianggab paling bertanggung jawab, namun memastikannya diperlukan kekuatan hukum yang pasti sehingga dilakukan gelar perkara.

“Kita sudah punya nama tersangkanya, tetapi kita tidak boleh lupa jika dalam proses hukum juga menganut asas praduga tak bersalah. Jadi untuk pastinya kita tunggu dulu hasil gelar perkara,” tukasnya.

Diketahui, pihaknya telah memeriksa sekurangnya 16 orang saksi yang terdiri dari 14 Kepala Sekolah (Kepsek) TK/PAUD, serta Kepala Dinas Pendidikan Kota Bau-bau dan satu orang staf Dinas Pendidikan Kota Bau-bau.

Dari kasus ini sendiri, sekurangnya Rp 300 juta anggaran pengadaaan alat permainan edukatif di Kota Baubau tahun 2015 diselewengkan.

Sebelumnya, kasus ini juga ditangani Kejari Baubau, namun setelah masuk tahap penyidikan beralih ke Kejati Sultra. Dimana, sebanyak 16 orang saksi telah diperiksa dan kini menunggu gelar perkara untuk penetapan tersangkanya.(cr5/lex)

To Top