Serangan Fajar Berkurang, Transaksi di BI Menurun – Berita Kota Kendari
Headline

Serangan Fajar Berkurang, Transaksi di BI Menurun

KENDARI, BKK – Serangan fajar dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kali ini dinilai berkurang, yang dibuktikan dengan transaksi keuangan yang terjadi dibeberapa Bank khususnya di Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) juga ikut menurun.

Itu diungkapkan Deputi Kepala Perwakilan BI Sultra, Harisudin saat diwawancarai Sabtu (11/2). Ia mengaku pihaknya selalu mengawasi uang masuk (inflow) dan uang keluar (outflow) yang terjadi di BI.

“Biasanya pada momen-momen tertentu seperti hari raya, hari natal, dan pilkada seperti saat ini, biasanya penerikan uang di Bank khususnya di BI itu tinggi. Tapi pilkada sekarang transaksi kurang atau relatif turun dibanding pilkada sebelumnya,” ungkap Harisuddin Sabtu (11/2).

Padalah, lanjutnya, biasanya momen seperti ini penarikan uang yang terjadi di Bank kencang, tapi kali ini penarikan yang terjadi itu malah kurang.

Menurutnya, ini suatu hal yang positif. Artinya money politik pilkada kali ini sudah mulai berkurang.

“Dan itu memang benar terbukti. Sebab saya sudah survei dibeberapa teman maupun tetangga, semua mengatakan pilkada kali ini money politik itu kurang,” terangnya.

Dikatakannya, pilkada kali ini serangan fajar kurang, sehingga menyebabkan transaksi keuangan yang terjadi relatif kurang. Padahal, lanjutnya, pada pilkada sebelumnya penarikan uang terjadi di Bank sangat tinggi.

“Padahal saat ini kas yang dikami sangat aman atau masih bisa mencukupi transaksi keuangan yang dilakukan masyarakat. Sehingga kurangnya transaksi tersebut tidak dipicu akibatnya kekurangan kas yang tersedia,” tambahnya. (cr6/lex)

To Top