Beranda

Pemkot Fokus Sulap TPAS Puuwatu Jadi Kampung Warna-warni

TPAS Puuwatu Yang Akan Disulap Menjadi Kawasan Warna-warni. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, gencar untuk menjadikan Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS)  Puuwatu menjadi kampung warna-warni.

Sekretaris Kota (Sekot) Kendari, Alamsyah Lotunani mengaku, program untuk menjadikan TPAS Puuwatu sebagai kampung warna-warni sudah berjalan. Khususnya internal Badan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BLH Hut) Kota Kendari sudah mulai menggagas itu.

“Sekarang ini kita lagi mengajak teman-teman pengusaha agar bersama-sama untuk berpartisipasi menjadikan TPAS Puuwatu menjadi penuh warna. Partisipasi yang kami harapkan dari teman-teman tidak lain selain untuk berpartisipasi membeli cat,” ungkap Alamsyah saat ditemui, Sabtu (11/2).

Menciptakan TPAS warna-warni tersebut, kata Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kendari itu, akan dilakukan pengecatakan bagian atap bangunan yang ada di kawasan tersebut.

Manfaat yang bisa diperoleh, lanjutnya, tentu suasana di kawasan itu akan enak. Selain itu  dari pihak pengusaha cat yang ikut membantu program tersebut bisa sekaligus melakukan promosi. Hal ini pun tentu akan membuat warga maupun pengunjung di kawasan tersebut menjadi lebih senang dan nyaman.

“TPAS Puuwatu terbaik di tingkat nasional, makanya paling tidak setiap waktu, minimal dalam kurun waktu tiga bulan mesti ada perubahan secara bertahap agar orang yang datang berkunjung tidak bosan melihat. Untuk itu, di samping aneka warnanya, fasilitas lainnya kita akan lengkapi meskipun di sana (TPAS Puuwatu, red) sudah dibangun flying fox yang berukuran sederhana,” ungkapnya.

Masih kata  Alamsyah, untuk menjadikan kawasan TPAS Puuwatu sebagai kampung warna-warni, tidak menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Olehnya, pihak Pemkot Kendari melibatkan masyarakat yang memiliki usaha untuk bersama-sama mewujudkan itu.

Sementara itu, Kepala BLH Hut Kota Kendari, Tin Farida mengatakan, gagasan pihaknya untuk menjadikan kawasan TPAS Puuwatu menjadi kampung warna-warni akan terus berupaya diwujudkannya.

“Semua itu kami lakukan tidak lain untuk menjadikan TPAS Puuwatu jauh lebih indah dan enak dipandang mata.

Meskipun kami akui saat ini yang sudah kami cat baru atapnya saja,” katanya.

Tetapi lebih jauh, tambahnya, ke depan tidak hanya atap bangunan di kawasan itu saja yang akan diwarnai. Nantinya, bisa saja pot-pot dan gazebo yang ada di lokasi itu akan diwarnai juga. Sehingga, harapnya, TPAS Puuwatu bisa betul-betul berubah menjadi kawasan warna-warni. (Cr6/nur)

To Top