Paksa Adakan UNBK, Sekolah Jangan Sampai Nebeng – Berita Kota Kendari
Beranda

Paksa Adakan UNBK, Sekolah Jangan Sampai Nebeng

Makmur. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tidak harus dijalankan seluruh sekolah. Olehnya, sekolah yang belum siap melaksanakan program tersebut tetap saja melaksanakan ujian berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT).

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, Makmur, mengaku telah mewanti-wanti setiap sekolah jangan sampai ada yang memaksakan melaksanakan UNBK sampai harus nebeng atau  menumpang di sekolah lain.

“Kami tidak inginkan ada sekolah yang melaksanakan UNBK di sekolah lain. Bagi sekolah-sekolah yang tidak bisa menyelenggarakan UNBK, tetap melaksanakan ujian berbasis kertas saja,” ujar Makmur saat ditemui, Sabtu (11/2).

Makmur mengatakan, pihaknya tidak mengizinkan sekolah-sekolah untuk melaksanakan UNBK di sekolah lain karena waktu yang sangat terbatas. Selain itu keselamatan peserta didik juga mesti dijaga. Apa lagi, lanjutnya, dalam kodisi itu pasti akan mempengaruhi psikologis siswa dalam menjawab soal-soal nantinya.

“Saya meminta bagi sekolah-sekolah yang tidak memiliki sarana komputer untuk tidak melaksanakan UNBK, tetap kita berikan kesempatan untuk mengikuti atau melaksanakan ujian nasional berbasis kertas. Ini sesuai dengan prosedur dan petunjuk teknis (Juknis) yang telah disiapkan oleh pemerintah,” imbuhnya.

Sekarang ini, kata Makmur, pihaknya masih menunggu persiapan sekolah-sekolah di Kota Kendari yang siap melaksanakan UNBK. Bahkan menurutnya, beberapa sekolah yang menyatakan kesiapannya langsung direspon dan diberikan bantuan dana untuk persiapan sarana dan prasarana.

Untuk diketahui, khusus di Kendari sebanyak 10 sekolah yang akan melaksanakan UNBK. Sekolah tersebut terdiri dari Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kendari dengan fasilitas yang dimiliki tiga server dan 95 unit komputer, SMPN 2 Kendari satu server dan 33 unit komputer, SMPN 3 Kendari satu server dan 20 unit komputer, SMPN 4 Kendari satu server dan 20 unit komputer, SMPN 5 Kendari dua server 60 unit komputer, SMPN 6 Kendari satu server dan 20 unit komputer, SMPN 9 Kendari satu server dan 20 unit komputer, serta SMPN 20 Kendari satu server dan 20 unit komputer. Sedangkan SMPN Frater yang belakangan diusulkan memiliki satu server dan 40 unit komputer dan SMPN 13 Kendari satu server 20 unit komputer. (cr6/nur)

To Top