Maret, Gaji ASN Dinas Dikbud Satu Pintu – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Maret, Gaji ASN Dinas Dikbud Satu Pintu

ANDOOLO, BKK – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konawe Selatan (Konsel) berencana mengambil alih Bendahara UPTD Dinas Dikbud Kecamatan untuk mengefisienkan gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) yang seringkali terlambat. Mulai Maret, gaji ASN Dikbud satu pintu.

Hal itu disampaikan langsung oleh Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konsel, Dr Busnawir MSi, Minggu (12/2).

“Rencana bulan Maret kita ambil alih daftar gaji, nanti akan diprint out sekaligus oleh Dinas Keuangan kemudian mereka menyerahkan ke sini lalu di sini dilakukan koreksi apakah data benar atau belum setelah itu dikembalikan lagi ke Dinas Keuangan untuk pencairan gaji,” jelasnya.

Busnawir mengatakan, selain mengefisienkan gaji ASN, itu juga dilakukan untuk menghindari terjadinya pungli di lingkup Dinas Dikbud. “Bendahara UPTD Kecamatan tidak mempunyai honor, APBD tidak menggaji mereka,  bendahara itu yang patut dicurigai kenapa tidak mau melepas jabatan bendaharanya, ini yang kita jaga jangan sampai terjadi pungli,” terangnya.

Busnawir juga mengatakan yang membuat keterlambatan gaji seringkali terjadi akibat prosedurnya terlalu panjang membuat proses rekapitulasi gaji PNS secara keseluruhan tidak lekas rampung.

“Selama ini tiap sekolah membawa daftar gaji untuk dikoreksi, jadi saya tanda tangan kurang lebih 400 sekolah dan datangnya tidak bersamaan karena ada sekolah yang jauh dan dekat. Itu kadang membuat kami terlambat bekerja untuk membuat rekapitulasinya secara keseluruhan sehingga kemudian sering terjadi keterlambatan gaji,” ungkapnya.

Olehnya itu, pihak Dinas Dikbud Konsel bersama Bupati, Wabup dan Sekda Konsel sepakat untuk mengubah sistem itu, untuk memperlancar pengurusan gaji dan menjaga terjadinya keterlambatan gaji yang sering kali terjadi.

Pihaknya mengimbau kepada seluruh bendahara UPTD Kecamatan untuk memberikan kesempatan Dinas Dikbud Konsel menjalankan sistem tersebut sesuai dengan arahan bupati untuk kelancaran proses pembayaran gaji.

Dia menambahkan, terkait dengan sekolah yang berada cukup jauh dari kota kabupaten pihak Dinas Dikbud telah menyampaikan kepada kepala UPTD kecamatan  dan kepala sekolah masing masing untuk mengambil alih apabila ada urusan beberapa ASN di kabupaten.

“Minggu lalu saya sudah sampaikan kepada masing masing kepala UPTD kecamatan dan Kepala Sekolah masing masing apabila ada urusan para ASN di kabupaten cukup diwakili oleh masing-masing kepala UPTDnya dan kepala sekolahnya seperti mengurus pensiun dan lain lain,”terangnya. (cr13/nur)

To Top